Yuk Intip Biaya Kuliah Kedokteran di 5 Universitas Negeri Ini!

Yuk Intip Biaya Kuliah Kedokteran di 5 Universitas Negeri Ini!

Yuk Intip Biaya Kuliah Kedokteran di 5 Universitas Negeri Ini!

Yuk Intip Biaya Kuliah Kedokteran di 5 Universitas Negeri Ini!

Saat anak-anak kecil ditanya kalau sudah besar nanti mau jadi apa? Banyak dari mereka menjawab ingin menjadi dokter. Ya, dokter adalah profesi yang diimpikan banyak orang. Menjadi dokter adalah pekerjaan yang bergengsi dan membanggakan sehingga tidak heran jika kursi mahasiswa kedokteran menjadi incaran jutaan calon mahasiswa di Indonesia. Sejalan dengan itu, biaya kuliah kedokteran semakin hari semakin melambung, tidak hanya bernilai puluhan juta melainkan hingga ratusan juta rupiah. Biaya kuliah kedokteran yang dipatok dengan harga tinggi tersebut memang wajar jika dibandingkan dengan cerahnya prospek masa depan para mahasiswa kedokteran. Mereka berpeluang besar untuk bekerja di rumah sakit ternama, membuka praktik sendiri dan pastinya bisa menjadi dokter bagi diri sendiri dan keluarga.

Jika putra putri Anda bercita-cita menjadi dokter, ada baiknya Anda mempersiapkan kemampuan kognitif mereka dan juga menabung untuk biaya kuliah kedokteran di perguruan tinggi yang mereka impikan sejak dini. Sebagai gambaran, berikut adalah referensi biaya kuliah kedokteran di beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia.

1. Universitas Diponegoro
Para mahasiswa kedokteran Universitas Diponegoro yang masuk melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru atau jalur tes akan dikenai biaya UKT atau uang kuliah tunggal sebesar 19 juta rupiah yang merupakan nominal UKT tertinggi. Sedangkan untuk mahasiswa yang masuk melalui jalur mandiri selain dikenakan tarif UKT yang mahal juga wajib membayar biaya SPI atau Sumbangan Pembangunan Institusi sebesar 100 juta hingga 150 juta rupiah sesuai dengan golongan yang ditentukan saat pengisian formulir pendaftaran

2. Universitas Hasanuddin
Biaya kuliah kedokteran per semester di Universitas Hasanuddin lebih kurang sama dengan Undip yaitu sekitar 20 juta rupiah untuk UKT per semester. Sedangkan kebijakan penetapan SPI untuk calon mahasiswa belum diberlakukan.

3. Universitas Airlangga
Di Universitas Airlangga Surabaya, besar UKT termahal yang harus dibayar oleh mahasiswa kedokteran adalah 21.5 juta rupiah untuk mahasiswa yang menempuh jalur tes. Bagi mahasiswa yang menempuh jalur mandiri, UKA (Uang Kuliah Awal) yang harus dibayar sebesar 70 juta rupiah dengan besaran UKT 15 juta rupiah sedangkan untuk mahasiswa kedokteran gigi UKA sebesar 60 juta dan UKT sebesar 12.5 juta per semester.

Trik Sukses Pendaftaran Jalur Mandiri di PTN Idamanmu!

4. Universitas Gadjah Mada
Sebagai salah satu universitas ternama di Indonesia, UGM mematok UKT mahasiswa kedokteran dengan harga yang tinggi yaitu 22.5 juta per semester dengan ketentuan gaji orang tua dari mahasiswa bersangkutan adalah sebesar 10 juta per bulan. Sedangkan untuk biaya UKT kedokteran gigi adalah sebesar 20 juta rupiah per semester.

5. Universitas Indonesia
Universitas Indonesia yang merupakan ikon pendidikan Indonesia terbaik memiliki 6 golongan UKT mahasiswa kedokteran dengan rincian sebagai berikut.
• Golongan I sebesar: 0 – 500.000,00 per semester
• Golongan II sebesar: 501.000 – 1.000.000 per semester
• Golongan III sebesar: 1.000.001 – 2.000.000 per semester
• Golongan IV sebesar: 2.000.001 – 3.000.000 per semester
• Golongan V sebesar: 3.000.001 – 4.000.000 per semester
• Golongan VI sebesar: 4.000.001 – 15.000.000 per semester

UI memiliki dua item pembayaran yaitu BOP-B (biaya operasional pendidikan berkeadilan) yang berkisar dari Rp 100.000 hingga Rp 15.000.000, sedangkan untuk UP (Uang Pangkal) dikenakan hanya pada mahasiswa non-reguler.

Meski biaya kuliah kedokteran sangat mahal, popularitas jurusan ini tidak pernah surut. Bahkan dalam passing grade masing-masing universitas, peminat jurusan kedokteran menempati urutan pertama baik pada perguruan tinggi negeri maupun swasta setiap tahunnya.

Dipersembahkan oleh : TipsKeuangan.net

Silakan Share info ini jika bermanfaat untuk teman-teman Anda…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==