Yuk Hitung Simulasi Cicilan KTA Sebelum Pengajuan!

Yuk Hitung Simulasi Cicilan KTA Sebelum Pengajuan!

Yuk Hitung Simulasi Cicilan KTA Sebelum Pengajuan!

Yuk Hitung Simulasi Cicilan KTA Sebelum Pengajuan!

Membutuhkan dana pinjaman dalam jumlah yang bisa dikatakan cukup besar terkadang membuat Anda berada dalam posisi sulit. Jalan keluar yang biasanya diambil adalah dengan mendaftarkan diri pada layanan pinjaman bank yang disebut KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Kredit Tanpa Agunan ini menjadi pilihan karena kredit ini cukup mudah pengajuannya tanpa menggunakan jaminan atau agunan tertentu.

Meskipun cukup mudah, namun sebagian orang masih merasa kalau pengajuan cicilan KTA itu ganpang-gampang susah, dalam artian susah untuk disetujui Bank. Tapi apakah benar KTA yang tidak disetujui sudah sesuai dengan prosedur yang telah diberikan bank, atau malah Anda masih belum tahu tahapan yang benar pengajuan KTA yang tepat. Untuk itu, berikut penjelasan mengenai tahapan dan simulasi penghitungan cicilan KTA yang tepat:

Tahapan Pengajuan Cicilan KTA

Pengajuan KTA sebenarnya sangatlah mudah, asal Anda sudah mengetahui tujuan untuk apa KTA tersebut diajukan dan bagaimana cara Anda membayar cicilan tersebut perbulannya. Pastikan jika pinjaman yang diajukan dapat Anda bayar sesuai waktu dan jumlah yang sudah ditentukan, agar tidak berurusan dengan pihak bank akibat kredit macet. Jadi pastikan keperluan yang jelas, dengan menentukan besaran kesanggupan Anda membayar cicilan KTA tersebut. Setelah Anda yakin dengan keputusan bisa bertanggung jawab membayar cicilan KTAyang diajukan, barulah Anda mengikuti tahapan-tahapan berikut ini:

  1. Menentukan bank yang sesuai dengan besaran pinjaman serta bunga yang diberikan. Anda dapat memilih bank dengan bunga yang paling ringan agar cicilan tidak memberatkan Anda.
  2. Siapkan dokumen yang diperlukan dengan lengkap dan sebenar-benarnya. Dengan dokumen Anda valid dan dapat dipertanggungjawabkan, seharusnya tidak akan ada masalah dalam pengajuan KTA Anda. beberapa dokumen yang diperlukan, antara lain KTP dan KK, NPWP atau SPT, Akta Nikah, fotokopi buku rekening 3 bulan terakhir dan slip gaji serta surat keterangan karyawan.
  3. Selanjutnya Anda perlu menghubungi bank dan menyerahkan dokumen yang diperlukan agar bank dapat menganalisis dokumen Anda dan memproses pengajuan KTA Anda.
  4. Pihak bank selanjutnya akan meminta Anda untuk wawancara singkat dan melakukan survei mengenai kebenaran tempat tinggal dan tempat kerja.
  5. Tahap terakhir Anda hanya tinggal menunggu kabar baik dari bank. Biasanya bank akan mengabulkan permohonan KTA nasabahnya pada kisaran waktu 3 sampai 7 hari kerja, selanjutnya dana yang Anda butuhkan akan cair dan sesuai ketentuan Anda wajib membayar pinjaman dana yang diajukan.

Pengajuan KTA akan lebih mudah jika rekening Anda terisi tiap bulannya atau dalam arti kata Anda memiliki penghasilan tetap. Kemudian yang menjadi penilaian lainnya dari pihak bank adalah track record Anda dalam perbankan apakah ada masalah atau tidak. Jika Anda tidak memiliki masalah kredit macet pastinya peluang KTA Anda disetujui akan semakin besar.

5 Cara Pinjam Uang Online yang Perlu Anda Ketahui

Simulasi Penghitungan Cicilan KTA

Secara garis bersar cicilan KTA akan Anda bayar perbulannya dengan nominal yang sama dan bunga yang sama atau flat. Jadi Anda sudah bisa menghitung besaran cicilan yang akan Anda bayarkan perbulannya. Sebagai contoh:

Cicilan pokok = Rp 6.000.000 / 12  =  Rp 500.000,-

Bunga per bulan = Rp 6.000.000 x 10 persen / 12  = Rp  50.000,-

Angsuran bulanan = Cicilan pokok + Bunga per bulan = Rp 550.000,-

Jadi angsuran yang perlu Anda bayar adalah Rp 550.000,- per bulannya. Misalnya dengan penghasilan kurang lebih Rp 2.500.000,- tentunya cicilan KTA Anda sudah dapat diatasi dengan baik.

Fasilitas KTA memang bermanfaat dan membantu mereka yang membutuhkan dana pinjaman dengan segera dan tanpa jaminan. Mudah-mudahan dengan mengetahui tahapan dan simulasi penghitungan KTA di atas membantu Anda untuk memperoleh pinjaman yang Anda butuhkan.

Dipersembahkan oleh : TipsKeuangan.net

Silakan Share info ini jika bermanfaat untuk teman-teman Anda…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==