Tips Menata Hunian dengan Tema Rustic Industrialis yang Lebih Ramah di Kantong

Tips Menata Hunian dengan Tema Rustic Industrialis yang Lebih Ramah di Kantong

Bingung mau pilih tema buat menata hunian? Kenapa gak pakai tema rustic industrial saja? Dengan pakai tema ini, rumahmu bakal kelihatan lebih unik. Biaya perabotan dan pernak-perniknya juga gak nguras kantong.

Tapi ngomong-ngomong nih, sudah tahu belum gaya rustic itu seperti apa? Buat yang belum tahu, rustic artinya “tua dan berkarat.” Lah, kalo gitu rumahnya jadi jelek dong? Gak juga, justru rumahmu bakal kelihatan unik dan keren.

Gaya rustic sejatinya adalah gaya desain interior yang berusaha untuk menampilkan kesan “alami”. Contohnya, ya dengan menggunakan material-material yang gak di-finishing seperti kayu, logam, batu, dan sebagainya.

Alhasil, harga perabotan dan aksesori rumah untuk mendukung tema ini pun lebih miring ketimbang furnitur-furnitur biasa. Soalnya kamu bisa beli barang-barang bekas atau loakan buat mengisi rumahmu.

tema rustic
Kurang lebih begini deh yang namanya tema rustic. Cantik dan unik kan? (interior rustic/idea)

Walaupun terdengar murah, tapi jangan salah. Sudah banyak lho restoran-restoran mahal di Jakarta yang mengusung tema rustic buat interiornya. Jadi jelas dong, walau ramah kantong, tema ini bukan tema murahan. Malah bisa memunculkan kesan “klasik dan natural.”

Nah, buat kamu yang memang tertarik menata hunian dengan gaya rustic industrial, coba deh simak beberapa tips di bawah ini. Dengan begitu, interior hunianmu bakal kelihatan lebih keren dan gak mainstream.

1. Gunakan material yang teksturnya kuat

Lapisi saja dinding hunianmu dengan bebatuan, kayu bekas, kayu kelapa, atau mungkin pakai bata kasar saja yang gak di semen dan dicat. Jangan salah, material-material itu bakal memunculkan nuansa “tua dan hangat” di hunianmu.

Jauhi penggunaan keramik di dinding. Kalau mau, pakai saja batu alam yang seratnya masih terekspos dengan baik. Penggunaan keramik justru memunculkan kesan modern lho, jadi kurang rustic.

Pada dasarnya, rustic lebih menekankan kepada penggunaan material, bukan pemilihan perabotan dan bukan juga elemen warna.

tema rustic
Perhatikan baik-baik. Kalau dilihat bak mandi dan wasatafelnya modern kan. Tapi material dindingnya itulah yang natural. Itu yang namanya Rustic (rustic modern/Rumah)

Bicara warna, jelas warna dominan gaya rustic ya material yang kuat seperti abu-abu, teracotta, dan coklat kayu. Oleh karena itu, yang harus kamu pikirkan baik-baik adalah materialnya.

2. Pilih yang minimalis

Sampai saat ini, konsep minimalis masih lebih populer ketimbang maksimalis. Minimalis erat kaitannya dengan kesederhanaan, efisiensi ruang, rapi, dan terorganisir.

Konsep ini jelas cocok dengan gaya rustic industrial yang punya kesan alami. Kamu pasti tahu dong rumah-rumah country di Amerika Serikat? Itulah contoh pengaplikasian gaya rustic dan konsep minimalis.

3. Beli perabotan bekas

Rustic industrialis juga kental dengan kesan vintage, oleh karena itu bisalah kamu manfaatkan perabotan-perabotan bekas buat hunianmu. Mau yang berkarat dan kelihatan jadul sekalipun gak apa-apa asal penempatan dan pemilihannya pas.

Pemilihan lampu dekoratif juga bisa memperkuat kesan rustic industrialis di hunianmu. Banyak hunian-hunian bertema rustic yang kerap menggunakan lampu gantung unik.

tema rustic
Kalau yang ini salah satu contoh aksesori berupa lampu meja. Lampu ini punya karakter “industrial.” Pastinya unik dan punya berbau Revolusi Industri banget (lampu industrial/Warisan Lighting)

Selain itu, rustic juga identik dengan hiasan atau ornamen etnik. Sering-sering deh browsing situs jual beli online dan cari di rubrik barang bekas. Barangkali ada pernak-pernik yang bisa kamu borong.

Beli bekas, sudah pasti harganya lebih murah kan ketimbang beli furnitur baru. Sudah gaya, kantong pun gak merana.

4. Kombinasikan dengan perabotan dan hiasan berunsur modern

Walau kita bakal memanfaatkan material alami, memadukan unsur modern ke tema rustic industrialis bukan hal yang salah. Malah bisa jadi makin keren.

Coba, pilih saja furnitur modern satu atau dua buah. Pasti bakal kelihatan unik. Tapi ya batasi saja, jangan lantas furnitur modern itu jadi kelihatan dominan.

Dengan memadukan tema rustic dengan furnitur modern, maka hunianmu bakal kelihatan seperti resor-resor. Makin betah pastinya sama suasana di rumah.

Pada intinya, selain memunculkan kesan hangat, gaya rustic juga terlihat cukup bersahabat dan bebas dari unsur konservatif atau ketinggalan zaman. Gaya interior itu pun bisa menunjukkan jati diri si pemilik hunian yang kreatif dan gak mainstream.

Walau bisa menggunakan perabotan bekas, tentu ada kalanya kamu harus beli yang baru jika memang kamu gak menemukan yang pas di forum jual beli. Cari saja perabotan itu di Ace Hardware.

Ace Hardware juga menjual wood panel yang bagus buat melapisi lantai atau dinding. Gak usah khawatir, ada diskon 10 persen kok jika kamu bertransaksi dengan kartu kredit. Promonya cuma sampai Juli 2017 lho.

Sudah paham kan dengan caranya mendesain hunian dengan tema rustic? Yuk kita berburu material yang pas biar unsur rustic di hunian kita makin kelihatan!

 

 

[ Tips Merancang Rumah Impian dengan Hemat tapi Gak Kelihatan Murah]

[ Jangan Renovasi Rumah Besar-Besaran Kalau Belum Menyiapkan 4 Hal Ini]

[ Memanfaatkan Ruangan Rumah yang Gak Terpakai Buat Bisnis? Bisa-bisa Saja Kok]

Dipersembahkan oleh : TipsKeuangan.net

Silakan Share info ini jika bermanfaat untuk teman-teman Anda…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==