Simak Nih Cara Memilih dan Menghindari Kesalahan Saat Mau Mengontrak Rumah

Simak Nih Cara Memilih dan Menghindari Kesalahan Saat Mau Mengontrak Rumah

Finansialku

Siapa sih yang gak mau punya rumah aman dan nyaman bagi keluarga? Semua orang pasti mau. Tapi, banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam membeli rumah termasuk biaya yang cukup besar yang harus disiapkan.

Nah, kalau belum mampu membeli rumah pribadi, mengontrak rumah bisa jadi alternatif kok. Eits jangan meremehkan ya. Memilih rumah kontrakan yang akan jadi tempat tinggal sementara bagi kita dan keluarga itu juga gak bisa dianggap sepele.

Memilih rumah kontrakan sama seperti memilih rumah sendiri, jadi perlu pertimbangan matang sebelum memutuskan. Sebab, salah memilih rumah kontrakan bisa membuat kita menyesal selama masa mengontrak berlaku.

Simak dulu nih beberapa tips dalam memilih rumah kontrakan buat yang sedang mencari.

1. Harga sewa yang terjangkau

Hal pertama yang harus dilakukan saat mencari rumah kontrakan adalah memilih yang harga sewanya sesuai dengan bujet atau kemampuan finansial.

Rumah kontrakan ada yang mempunyai sistem bayar per bulan dan ada juga yang per tahun. Pilihlah harga rumah kontrakan yang paling pas dengan kondisi keuangan kita, dan untuk sistem pembayaran bisa negosiasikan dengan pemilik rumah.

Rumah Kontrak 1
Milih rumah kontrakan udah pasti cek harganya dulu dong (rumah kontrak/ rumahdijual)

2. Lakukan survei rumah terlebih dahulu

Harga sewa rumah harus disesuaikan juga dengan fasilitas yang diberikan. Jangan sampai ingin mendapatkan harga yang amat murah, tetapi minta fasilitas lengkap. Saat sudah menemukan rumah kontrakan yang diincar, sebaiknya langsung lakukan survei dan bertemu dengan pemilik rumah.

Perhatikan kondisi rumah apakah dilengkapi fasilitas seperti yang kita inginkan dan apakah rumah gak mengalami kerusakan seperti genteng bocor, kamar mandi yang bermasalah, dan lain sebagainya.

Rumah Kontrak 3
Gak mau dong keujanan di dalam rumah kayak gini? (bocor/ mediarooang)

Untuk mendapatkan rumah kontrakan terbaik sebaiknya survei ke beberapa pilihan, serta catat kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dengan harga yang sama, bandingkan dulu antara rumah yang satu dengan yang lain. Apakah sebanding dengan fasilitas yang diberikan?

Misalnya, bagus gak rumah tersebut, tempat tidur nyaman atau gak, WC-nya bersih atau gak, dan lain-lain. Kita juga bisa membandingkan antara dua rumah dengan fasilitas yang sama dan carilah yang memberikan harga lebih miring.

Air bersih sangat vital dan wajib tersedia setiap hari, sepanjang tahun, karena setiap hari orang membutuhkan air bersih. Entah untuk minum, masak, mencuci, mandi, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, pastikan kondisi air bersih lancar.

3. Dekat dengan aktivitas rutin, rumah ibadah, dan fasilitas umum

Pilihlah rumah kontrakan yang lokasinya strategis dan dekat dengan aktivitas kita. Misalnya jika kita bekerja, maka pilihlah rumah kontrakan yang dekat dengan tempat kerja. Jika kita mahasiswa, kita juga harus memilih kontrakan yang dekat dengan kampus, begitu seterusnya.

Dengan memilih rumah kontrakan yang dekat dengan tempat kita rutin beraktivitas, maka akan mudah bagi kita buat menjangkau tempat-tempat tersebut dengan waktu yang cepat dan dengan biaya yang lebih terjangkau.

Selain itu yang harus diperhatikan dalam mencari rumah kontrakan adalah, pilih rumah yang dekat dengan tempat ibadah. Akan sangat menguntungkan jika rumah kontrakan gak jauh dari fasilitas umum. Fasilitas umum di sini bisa pasar atau swalayan, sekolah, rumah sakit, dan lainnya.

4. Lingkungan yang aman dan nyaman

Rumah Kontrak 2
Jangan sampe deh nemu yang kayak gini di rumahmu. Hii.. (maling/ aktifisika)

Pilihlah rumah kontrakan yang bersih dan berada di lingkungan yang bersih pula. Ini sangat penting, sebab dengan tinggal di rumah dan lingkungan yang bersih, kesehatan kita pun terjaga.

Lingkungan yang bersih contohnya jauh dari selokan-selokan yang berbau, jauh dari tempat pembuangan sampah umum, jauh dari sisa-sisa pembuangan limbah pabrik, jauh dari polusi pabrik dan lain-lain.

Mencari rumah kontrakan di lingkungan yang bersih sangat penting. Karena jika kita tinggal di tempat yang kotor, kesehatan kita bukan gak mungkin bisa terpengaruh dan kita akan mudah terserang penyakit.

Kita juga harus memilih rumah kontrakan yang berada di daerah aman. Aman di sini tentu saja yang aman dari maling, kerusuhan, dan lain-lain. Percuma kan tinggal di rumah yang bagus, bersih, harga sewa murah, tapi rawan pencuri?

Lebih parahnya lagi, jika ternyata tempat tinggal kita adalah lokasi yang sering terjadi konflik dan kerusuhan. Wah, pasti lebih rugi lagi.

Pastikan rumah yang akan dikontrak gak ada gangguan, serta memiliki kondisi aman dan nyaman untuk ditempati. Gak ada gangguan kebisingan, gak pernah terjadi tindak kriminal sebelumnya, dan hal-hal lain yang bisa mengganggu.

Karena rumah kontrakan adalah rumah yang akan ditempati dalam jangka waktu lumayan lama, maka sebisa mungkin harus sesuai dengan harapan. Butuh pertimbangan matang sebelum memutuskan mengontrak sebuah rumah agar gak menyesal di kemudian hari.

 

[ Daripada Kontrak Rumah Terus, Mulai Berani Ambil Kredit Pemilikan Rumah Bersubsidi Yuk!]

[ Ini Alasan Kenapa Harus Pilih Sewa Apartemen Daripada Ngontrak atau Ngekost]

[ Hai Para Karyawan, Simak Nih 9 Jurus Ampuh Menabung untuk Membeli Rumah Idaman]

Dipersembahkan oleh : TipsKeuangan.net

Silakan Share info ini jika bermanfaat untuk teman-teman Anda…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==