Siapa Mau Tabungan Bebas Biaya Admin? Simak di Sini

Siapa Mau Tabungan Bebas Biaya Admin? Simak di Sini

Punya tabungan gak bertambah, malah berkurang terus. Usut punya usut, ternyata biaya admin penyebabnya.

Salah satu faktor yang dilihat ketika akan buka tabungan memang biaya administrasi. Biaya ini mencakup pembuatan kartu ATM dan biaya rutin per bulan.

Tapi keliru kalau mengganggap tak ada tabungan yang bebas biaya admin. Contoh nyatanya tentu program Tabunganku yang dicanangkan pemerintah.

Setiap bank diwajibkan punya layanan tabungan ini untuk menjangkau seluruh masyarakat. Salah satu keunggulannya adalah bebas biaya admin.

Namun Tabunganku punya sederet keterbatasan dibanding tabungan reguler dari bank. Misalnya tak ada kartu ATM dan limit transaksi terbatas, tergantung kebijakan tiap bank.

tabungan bebas biaya admin
Mari dipilih banknya (buku tabungan/toto sp)

Di luar Tabunganku, bank menawarkan tabungan serupa yang menawarkan fasilitas bebas biaya admin. Apa saja tabungan bebas biaya admin itu? Simak di sini.

1. Permata Bebas

Tabungan Permata Bebas menawarkan biaya admin nol rupiah bila saldo rata-rata pada bulan sebelumnya minimal Rp 5 juta. Bisa dong mengumpulkan rata-rata tabungan minim Rp 5 tiap bulan.

Fasilitas lainnya adalah bebas biaya tarik tunai di ATM bank lain dalam ALTO, ATM Bersama, Prima (BCA), dan VISA/Plus di seluruh dunia. Biaya transfer online pun gratis. Tapi, syaratnya, saldo sebelum transaksi minimal Rp 5 juta.

Di luar itu, fasilitas yang ditawarkan Permata Bebas hampir serupa dengan yang lain. Namun di situs Permata sering ada info promo berupa cashback atau diskon jika menggunakan kartu ini untuk transaksi tertentu, misalnya pembelian bahan bakar dan belanja online.

2. Mega Berbagi

Produk tabungan dari Bank Mega ini cukup unik. Selain bebas biaya admin untuk saldo minimal Rp 1 juta, ada layanan amal di dalamnya.

Dengan membuka rekening Mega Berbagi, kita bisa menyisihkan sebagian dana di tabungan untuk membantu pembangunan sekolah rusak atau siswa tak mampu. Dana ini diambil per bulan berdasarkan jumlah tabungan.

tabungan bebas biaya admin
Kalo di Mega Berbagi, kamu bisa nabung sekalian amal (saling membantu/Santospreneurship)

Sayangnya, tak ada fasilitas mentereng lainnya. Mungkin diskon 5 persen jika belanja di Carrefour pakai kartu debit yang menarik. Selain itu, layanannya hampir sama dengan tabungan reguler lain, seperti e-banking dan mobile banking.

3. Batara Pos

Di situs Bank Tabungan Negara, tabungan ini dinamai e’Batarapos. Layanan ini disediakan BTN, bekerja sama dengan PT Pos Indonesia.

Bebas biaya admin diterapkan bila saldo minimum Rp 1 juta. Sebagai kerja sama BTN dan Pos Indonesia, pemilik rekening Batara Pos bisa melakukan transaksi di kantor pos, selain di bank dan ATM BTN.

Untuk transaksi, kamu bisa menggunakan Kode Akses Pelanggan (KAP) dari BTN. Yang juga menggiurkan, pemilik rekening ini otomatis diikutkan undian berhadiah BTN e’Batarapos.

4.  BNI Taplus Mahasiswa (Tapma)

Tabungan bebas biaya admin yang satu ini khusus buat mahasiswa. Tapi jangan berdalih gak lulus-lulus karena pengin terus jadi nasabah BNI Tapma.

BNI Tapma tak bisa diakses sembarang mahasiswa. Hanya mahasiswa kampus yang bekerja sama dengan BNI yang bisa. Coba tanyakan ke kampus masing-masing apakah ada kerja sama itu.

Selain bebas biaya admin, tak ada penalti bila rekening pasif alias tak diutak-atik selama 6 bulan. Di luar itu, fasilitas BNI Taplus kurang-lebih sama dengan tabungan lain.

5. Gold Maybank

Manfaat tabungan Gold Maybank yang pertama adalah bebas biaya administrasi. Selain itu, tak ada biaya transfer antarbank melalui teller dan kartu debet.

tabungan bebas biaya admin
Ekspresi muka kamu kalo dengan ada yang gratisan (nyengir/huffington post)

Syaratnya adalah saldo tabungan minimum Rp 10 juta. Menariknya lagi, tabungan Gold Maybank bisa dibuka melalui online.

Selain kelima produk tabungan di atas, ada beberapa tabungan syariah yang menawarkan fasilitas bebas biaya admin. Tabungan itu antara lain Danamon Syariah dan Faedah BRISyariah.

Tabungan bebas biaya admin memang memikat. Namun harus diperhatikan besaran setoran minimum dan syarat berlakunya.

Ada yang mensyaratkan setoran minim hingga Rp 10 juta, ada juga yang cuma Rp 50 ribu. Besarannya bisa berubah-ubah sesuai dengan ketentuan bank terkait. Makanya, jangan lupa bandingkan satu tabungan dengan tabungan lainnya untuk mendapat fasilitas terbaik. Demi masa depan yang cerah nih!

 

 

[ Masih Susah Nabung? Jangan Putus Asa Dulu, Coba 5 Cara Punya Tabungan Ini]

[ Ketahui 7 Jenis Tabungan Bank di Indonesia Ini Agar Tak Salah Pilih]

[ Punya Gaji Besar Kok Malah Gak Punya Tabungan Sih! Ternyata Ini Penyebabnya]

[ Tabungan Masa Depan Adalah Pahlawan, Lebay tapi Ada Benarnya Lho]

Dipersembahkan oleh : TipsKeuangan.net

Silakan Share info ini jika bermanfaat untuk teman-teman Anda…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==