Siapa Bilang Hidup Hemat Itu Susah? Nih 7 Cara Menghemat Keuangan Keluarga

Siapa Bilang Hidup Hemat Itu Susah? Nih 7 Cara Menghemat Keuangan Keluarga

Artikel DuitPintar.com ini pernah ditayangkan oleh partner content kami, Suara.com.

Uang, uang dan uang. Topik menarik yang selalu berputar dalam kehidupan kita ya. Uang bisa bikin senang tapi juga bisa bikin susah. Makanya diatur yuk uangnya.

Mengatur keuangan buat yang lajang dan mereka yang sudah berkeluarga sudah pasti berbeda. Tapi, gak jarang orang masih menyamakan keduanya.

Saat sudah punya istri/suami, keuangan sepatutnya diatur bersama. Bukan malah sendiri-sendiri. Apalagi kalau sudah punya anak.

[ 4 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Gak Meminjamkan Uang Kepada Teman atau Keluarga]

Saat sudah berkeluarga tentu saja masa depan keluarga harus jadi prioritas dong. Salah satu caranya ya dengan menghemat keuangan keluarga sebaik-baiknya.

Sudahkah kamu melakukannya? Baguslah kalau sudah. Tapi sudah cukup belum penghematannya?

Kalau masih belum cukup hemat, simak nih 7 cara menghemat keuangan keluarga. Mungkin ada beberapa, atau malah banyak, yang belum kamu coba.

1. Belanja di pasar tradisional

menghemat keuangan keluarga
Ayo bu, jangan sadis ya nawarnya hehehe

Semua orang sudah tahu ya kalau harga bahan pokok di pasar lebih murah ketimbang di supermarket. Padahal di supermarket banyak diskon dari kartu kredit dan promo. Tetap saja kalah hehehe.

Gak perlu takut jadi kotor, banyak kok pasar tradisional yang sekarang bersih dan tertata. Gak hanya bahan pokok, baju, kaus kaki dan kebutuhan lain juga bisa dibeli dengan harga lebih murah loh.

2. Masak sendiri

Daripada kamu sering makan di luar, mending duitnya dipakai buat beli bahan masakan. Pasti duit yang keluar lebih sedikit. Selain lebih hemat, masak sendiri juga lebih sehat. Garam, gula atau bumbu dapur kering lainnya bisa kita atur sendiri.

3. Jeli beli bahan

Berkaitan dengan nomor 2, cara menghemat keuangan keluarga gak cukup hanya dengan masak sendiri. Kita juga mesti kreatif di dapur. Dari bahan yang sama, bisa diolah jadi masakan berbeda agar keluarga gak bosan.

Jadi, bisa menghemat sekaligus mencegah keluarga makan sendirian di luar dengan alasan bosan masakannnya itu-itu saja.

[ Buka Usaha Bareng Keluarga Kayaknya Asyik Ya Simak Dulu Tips Berbisnis Bareng Keluarga dan Kerabat]

4. Anti-gengsi

Kamu pasti tahu kalau produk bermerek biasanya punya harga yang berlipat. Misalnya kaus berbahan katun. Harga kaus itu bisa naik drastis ketika ada sablonan nama merek terkenal.

menghemat keuangan keluarga
Emang sih pakai kaos keren bermerek bikin level ganteng meningkat hahaha

Padahal orang pakai kaus itu yang utama sih kenyamanan bahannya. Kalau mereknya terkenal tapi bahannya kurang nyaman dipakai ya mestinya gak dibeli. Makanya, jangan mengutamakan gengsi. Utamain fungsinya dong.

Gak perlu malu deh beli barang diskonan. Buang jauh-jauh rasa gengsi beli barang diskon. Yang penting, keuangan terjaga. Malah kita mesti memburu diskon di manapun dan kapanpun. Tongkrongin deh tuh situs-situs online yang ngasih info diskon tiap hari.

5. Pakai handuk

Tisu memang praktis. Habis pakai, buang. Tapi, kebiasaan pakai tisu bisa menggerogoti keuangan keluarga tanpa disadari loh. Mending pakai handuk atau sapu tangan sebagai pengganti tisu, terutama pas di rumah. Bisa dicuci, pakai lagi. Gak keluar duit buat beli lap terus-terusan.

6. Jalan aja

Sekali-kali, bandingkan ongkos perjalanan ke kantor antara jalan+naik angkutan umum dan bawa kendaraan sendiri. Kalau lebih hemat jalan, ngapain pusing-pusing kejebak macet bawa mobil/motor sendiri?

Begitu juga pas mau ke lokasi yang dekat dengan rumah. Ke minimarket, misalnya. Daripada keluar duit bensin plus parkir, mending jalan aja. Hitung-hitung sekalian olahraga.

7. Minum air sendiri

Kurangi kebiasaan beli air dalam kemasan. Mending masak air sendiri di rumah, biar lebih hemat. Gunakan botol minum yang aman untuk diisi air itu dan dibawa-bawa. Pas di kantor, isi dengan air galon yang tersedia. Hitung deh penghematannya dari cara ini, pasti lumayan banget.

menghemat keuangan keluarga
Air putih tuh sehat, makanya minum setiap hari sebanyak mungkin bro!

Nah, itu lah 7 cara menghemat keuangan keluarga yang patut kamu coba. Khusus buat yang hobi ngerokok, ada satu cara tambahan, berhenti merokok deh! Selain gak sehat buat kesehatan, ya gak sehat buat kantong juga kan.

[ Manfaat Garage Sale Bisa Menambah Pendapatan Keluarga Loh Gak Pecaya]

Jangan langsung bilang susah dan skeptis ya. Kok kayak orang yang kalah berperang sih. Demi keluarga ayo dicoba dulu, oke!

 

 

 

Image Credit:

  • http://www.sahabatinformasi.com/wp-content/uploads/2017/07/pasar-tradisional-sukajadi-800×445.jpg
  • https://s2.bukalapak.com/img/757372881/large/X_KAOS-NIKE-GALAXY-HITAM.jpg
  • http://cdn.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2017/09/24/433763/670×335/4-alasan-untuk-mengurangi-minum-air-mineral-kemasan.jpg

Tags: Gaya Hidup

Dipersembahkan oleh : TipsKeuangan.net

Silakan Share info ini jika bermanfaat untuk teman-teman Anda…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *