Pilih Pakaian Olahraga dengan Tepat Supaya Latihanmu Maksimal

Pilih Pakaian Olahraga dengan Tepat Supaya Latihanmu Maksimal

Gak cuma pakaian kerja atau pakaian formal doang yang wajib dipilih dengan baik lho, pakaian olahraga juga wajib. Karena beda olahraga, beda juga pakaian yang dibutuhkan. Pakaian olahraga yang tepat bisa meningkatkan performa olahragamu lho.

Kalau salah kostum, jelas kamu yang rugi. Sudah beli mahal-mahal, gak bisa gerak dengan leluasa. Akibatnya olahraga gak maksimal, dan ada potensi cedera juga.

Nah, daripada rugi salah beli pakaian olahraga, ketahui dulu deh dengan baik pakaian olahraga apa sih yang pas buat olahraga favoritmu. Berikut ulasannya.

1. Aerobik, lari, atau jogging

Tiga olahraga ini merupakan olahraga kardiovaskuler yang tujuannya membakar kalori, lemak, sekaligus menguatkan jantung. Usahakan menggunakan kaus tanpa lengan agar keringatmu cepat menguap dan badanmu terasa ringan.

pilih pakaian olahraga
Kalau pakaiannya pas, gerakannya pun enak. Olahraganya jadi maksimal (lari/OdysseiOnline)

Khusus untuk kamu yang senang jogging atau lari di luar ruangan atau outdoor, hindari pakaian berwarna gelap yang menyerap panas. Pakaian itu justru akan menjadi beban buatmu.

Untuk celana, gunakan saja celana pendek agar keringat yang keluar dari pori-pori kakimu akan langsung jatuh ke tanah. Ingat lho, segala racun dan toksin dalam tubuhmu bakal keluar bersama dengan keringat. Jangan biarkan keringat itu masuk lagi ke pori-pori.

Mau pakai sauna suit juga boleh, tapi jangan menggunakan pakaian apapun dalam sauna suit-mu ya. Nanti kamu malah bisa masuk angin.

2. Fitness (pengembangan massa otot dan kekuatan otot)

Gak jarang penggemar olahraga ini mengenakan pakaian super ketat agar ototnya yang terdefinisi bisa terlihat jelas. Atau buat yang perempuan, agar makin kelihatan seksi. Padahal hal ini justru salah. Mau fitness apa mau cari gebetan di gym?

Ketika kamu melakukan olahraga ini, badanmu butuh sirkulasi udara yang baik. Makanya, pakai saja pakaian yang gak terlalu ketat. Dan pastinya yang nyaman saat kamu gunakan untuk mengangkat beban dari berbagai sisi.

Tapi hindari juga memakai pakaian yang terlalu longgar karena ada risiko pakaianmu tersangkut di mesin fitness.

3. Olahraga air

Olahraga air cukup beragam, mencakup renang, hingga menyelam atau diving. Tapi pakaiannya sama, intinya adalah yang berbahan spandex atau lycra yang ketat.

pilih pakaian olahraga
Kalau yang ini jelas ngawur (berenang pakai jas/Flickr)

Kenapa harus ketat? Karea pakaian ketat akan membuat badanmu menjadi hidrodinamis. Kamu juga gak akan kesulitan dalam bernafas dalam air. Selain itu, kecepatan gerakmu di dalam air juga meningkat.

Dan kenapa gak boleh pakai yang berbahan katun? Karena baju berbahan katun, memiliki daya hambat yang tinggi. Selain itu serat-serat baju berbahan katun juga sering rontok dan mengotori kolam. Buat yang pria, lebih baik gak usah pakai baju sekalian deh. Pakai celana renang saja.

4. Bela diri (Tinju, Muaythai, Karate, Taekwondo)

Bela diri dengan teknik menyerang rata-rata sudah punya seragam sendiri yang namanya “Gi” seperti Karate dan Taekwondo. Pilihlah yang sesuai dengan ukuran badanmu dan tidak terlalu ngepas di badan. Karena bela diri tersebut kaya akan teknik tendangan, apalagi Taekwondo.

Seiring dengan perkembangan zaman, tinju dan Muaythai yang dulu tergolong asing mulai menjamur di Indonesia. Gak jarang seseorang memilih olahraga tersebut untuk menurunkan berat badan.

Bila kamu memilih tinju atau Muaythai, usahakan untuk mengenakan celana khusus untuk olahraga tersebut. Celana tinju atau Muaythai harganya gak murah, mungkin paling murah ada di kisaran Rp 400 ribuan. Tapi gerakanmu dipastikan bisa maksimal.

Satu hal yang jadi pembeda antara tinju dan Muaythai adalah tinju gak menggunakan tendangan. Di tinju kamu wajib punya sepatu, sedangkan Muaythai gak butuh sepatu.

Saat di sasana, kenakan saja kaus tanpa lengan. Karena sejatinya para petinju atau petarung Muaythai pria gak pakai baju saat tanding.

Dan yang terakhir, jangan lupa untuk beli handwrap atau pembalut tangan dan sarung tinju. Jangan biasakan pinjam meminjam sarung tinju dan handwrap, karena sarung tinju di sasana dipakai banyak orang secara bergantian. Gak mau kan kalau kumannya berpindah ke tanganmu.

5. Bela diri ground (Jiu Jitsu atau Brazilian Jiu Jitsu)

Tanpa disadari, dengan berkembangnya olahraga bela diri di Indonesia, Jiu Jitsu yang berasal dari Jepang pun makin populer. Versi Brazilnya yang 100 persen menggunakan teknik ground atau pertarungan bawah juga ikutan beken.

Kedua bela diri ini sejatinya mengharuskan para petarungnya mengenakan seragam Gi yang tebal. Karena Jiu Jitsu bisa menjadikan seragamnya sebagai senjata untuk mencekik lawan.

Tapi kadang bela diri ini juga gak mesti menggunakan Gi kok. Yang kamu butuhkan hanya pakaian rashguard ketat (anti-gesek) yang mirip baju penyelam.

pilih pakaian olahraga
Seperti itulah yang namanya baju Rashguard. Bisa juga sih dipakai buat renang atau diving. Tapi rashguard untuk Jiujitsu cenderung mahal dijual di Indonesia (Brazilian Jiujitsu/Readpt)

Sebisa mungkin gunakan yang tangan panjang untuk menghindari cedera atau lecet akibat gesekan di matras. Untuk celananya, kamu bisa kenakan celana ketat kompresi atau celana bela diri campuran (MMA) karena kelenturan tubuhmu akan jadi taruhan dalam olahraga ini.

6. Yoga dan senam kelenturan

Pilihlah pakaian yang tergolong elastis dan memberikan kenyamanan saat bergerak. Mengingat Yoga merupakan olahraga yang kaya akan gerakan pose tubuh terbalik, maka lebih baik mengenakan celana kompresi panjang yang ketat, daripada celana pendek katun.

Celana Yoga memang cukup stylish, karena olahraga ini kerap dikaitkan dengan kecantikan. Namun pilih yang ukurannya pas buatmu. Kalau terlalu ketat juga gak akan bagus buat peredaran darah. Untuk atasan, gunakan saja tanktop.

7. Golf

Golf sering dibilang sebagai olahraga networking alias olahraga yang biasa dilakukan untuk mempererat hubungan dengan relasi bisnis. Gak heran, kalau para pria biasa menggunakan setelan rapi seperti kaus berkerah dan celana khaki lengkap dengan gesper selama melakukan olahraga ini.

Tapi pastikan kalau bajumu berbahan katun supaya sirkulasi udara tetap baik. Dan ingat, lapangan golf panasnya minta ampun. Pastinya jangan sampai pakai warna gelap deh.

Jangan pakai celana kebesaran atau kepanjangan, dan hindari juga menggunakan celana jeans untuk golf. Jeans cenderung membuatmu gerah di lapangan, dan ujung-ujungnya permainanmu gak akan maksimal.

Lantas bagaimana dengan sepatu? Pastikan untuk pakai sepatu golf, jangan sepatu lari. Sepatu golf pastinya lebih nyaman dipakai di lapangan berumput.

Gimana guys, sudah makin paham kan tentang gimana cara memilih pakaian olahraga yang pas? Jangan sampai ikutan Yoga tapi pakai celana Muaythai ya. Bisa saja sih, tapi apa gak malu nanti kalau tersingkap celananya?

Nah, ngomongin soal pakaian olahraga, tentu tahu dong sama brand Nike. Varian pakaian yang dimiliki Nike juga beragam. Dari golf hingga yang berbahan kompresi atau ketat.

Sampai Juli 2017, kamu bisa dapat diskon hingga 70 persen plus 10 persen di Nike Factory Store jika pakai kartu kredit Bank Mega. Atau jika kamu fans klub bola Barcelona dan ingin beli jersey-nya, pakai saja kartu kredit Mega Barca. Diskonnya bisa sampai 70 persen plus 20 persen lho.

Ada di mana aja sih Nike Factory Store? Kamu bisa main di gerainya di Alam Sutera, Margonda Depok, Bogor, Bintaro, Living Plaza Bekasi, Dago Bandung, Diponegoro Surabaya dan Medan.

Jangan sampai kelewatan promonya ya guys. Selamat belanja pakaian olahraga, biar makin semangat!

 

 

[ Ini 5 Alasan Belajar Bela Diri Agar Dompet Terlindungi]

[ Diet Gak Harus Mahal. Lakukan 6 Cara Ini Biar Kantong Aman]

[ Kamu Penggila Olahraga? Tambah Penghasilanmu dengan 5 Cara Ini]

Dipersembahkan oleh : TipsKeuangan.net

Silakan Share info ini jika bermanfaat untuk teman-teman Anda…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==