Pilih Asuransi Kecelakaan yang Paling Pas dengan Cara Ini

Pilih Asuransi Kecelakaan yang Paling Pas dengan Cara Ini

Dia tidak cantik, mak. Dia tidak jelek, mak. Yang sedang-sedang saja.

Begitu bunyi penggalan lirik lagu “Yang Sedang-sedang Saja”.

Lagu saduran dari Iwan yang populer pada 1990-an ini bisa jadi panutan tips memilih asuransi kecelakaan. Gak perlu yang berlebihan, tapi jangan sampai kekurangan.

Carilah asuransi kecelakaan yang paling pas dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan. Pertanyaannya, bagaimanakah asuransi yang pas itu?

Memilih asuransi kecelakaan gak bisa sembarangan. Ambil waktu selama mungkin untuk membandingkan satu per satu layanan asuransi yang ditawarkan.

Sebagai masukan, berikut ini tips memilih asuransi kecelakaan yang paling pas:

1. Lihat kebutuhan

Dalam asuransi, makin luas risiko yang ditanggung atau makin tinggi uang pertanggungan, makin gede biaya preminya. Tapi gak semua orang cocok dengan jenis polis seperti itu.

Buat pegawai kantoran, misalnya, gak mungkin dong ambil polis pekerja lapangan. Risiko pekerja lapangan, misalnya operator alat berat di tambang, lebih gede ketimbang pegawai kantor. Makanya preminya pun lebih tinggi.

Pilih Asuransi Kecelakaan
Sebelum memilih, lihat dulu kebutuhannya dan seberapa besar risiko pekerjaan sehari-harimu (pekerja lapangan/circle farm tour)

Selain itu, asuransi yang digabungkan dengan investasi alias unit link sering ditawarkan. Layanan ini baik, tapi kembali lagi: lihat dulu kebutuhan kita. Perlu gak asuransi unit link. Apalagi jika sudah punya investasi lain. Harus dipikirkan masak-masak.

2. Reputasi perusahaan jelas

Sekarang ini, orang gampang saja bikin usaha. Yang penting punya tempat dan pasang plang, sudah. Begitu juga di bidang asuransi.

Untuk memilih asuransi kecelakaan yang paling pas, sebaiknya cari perusahaan yang reputasinya sudah jelas. Acuannya, nama perusahaan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Perusahaan semacam ini terbukti lebih profesional dalam usaha. Artinya, bisnisnya sesuai dengan aturan pemerintah dan lebih kecil kemungkinannya melakukan penyelewengan.

3. Agen/petugas asuransi komunikatif

Sebagai pihak yang membantu urusan asuransi kita, agen atau petugas dari perusahaan tersebut haruslah komunikatif. Ia mesti bisa menjelaskan produk asuransi kecelakaan itu dengan detail tanpa ditutup-tutupi.

Pilih Asuransi Kecelakaan
Jika ditawari asuransi oleh agen, tanya yang jelas manfaatnya (komunikatif/plateolog)

Ketika kita bertanya, ia wajib menjawab dengan senang hati. Apakah ada agen asuransi seperti itu? Ada, dan banyak.

Ini penting, terutama ketika terjadi kecelakaan di jalan dan butuh asistensi untuk klaim uang pertanggungan. Agen atau petugas asuransi yang baik akan datang, mendampingi, dan menuntun hingga uang tersebut cair. Atau setidaknya bisa dihubungi sewaktu-waktu untuk meminta bantuan.

4. Proses klaim simpel

Salah satu alasan orang malas memiliki asuransi adalah memikirkan proses klaimnya yang ribet. Padahal gak semua perusahaan asuransi seperti itu.

Sebagai salah satu faktor penentu asuransi kecelakaan yang paling pas, proses klaim di perusahaan tersebut harus sesimpel mungkin. Coba gimana kalau kita kecelakaan dan keluarga butuh dana segera, tapi proses belibet.

Pilih Asuransi Kecelakaan
Jangan pilih yang “katanya” bagus, coba cek reputasinya dan pilih yang proses klaimnya gak ribet (proses claim mudah/wallethub)

Mana tega melihat keluarga yang disayangi mesti terdesak gara-gara kekurangan dana. Makanya, mesti dipastikan dulu dari awal klaim asuransi dari perusahaan itu seperti apa, agar gak ada kesalahpahaman di kemudian hari.

Keempat poin di atas bisa ditemui di banyak perusahaan asuransi terkemuka, termasuk AXA. Perusahaan asuransi asal Prancis ini punya produk asuransi kecelakaan yang bernama Axa Care Protection.

Asuransi kecelakaan dari AXA ini mencakup risiko meninggal dengan santunan mencapai Rp 25 juta untuk ahli waris. Namanya jelas ada di daftar OJK.

Bagusnya, kita bisa mengajukan diri untuk mendapat asuransi ini secara online. Bahkan kita bisa berkonsultasi langsung dengan petugasnya via layanan chat online.

Nasib orang gak ada yang tahu. Meski sudah sekuat tenaga menjaga agar gak celaka, bencana itu bisa datang tanpa diduga.

Makanya, ketimbang sudah kejadian baru repot, mending sediakan payung sebelum hujan dengan memanfaatkan asuransi. Pastikan tidak lupa untuk membandingkan ya sebelum menjatuhkan pilihan.

 

 

[Baca: Jangan Takut Sama Asuransi, Perluas Wawasan Kamu Tentang Asuransi Kesehatan Terbaik di Portal Ini]

[Baca: Klaim Asuransi Tak Sulit Kok, Asal Perhatikan Tips Ini!]

[Baca: Apa Iya Keuntungan Asuransi Unit Link Gak Sesuai Harapan?]

Dipersembahkan oleh : TipsKeuangan.net

Silakan Share info ini jika bermanfaat untuk teman-teman Anda…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==