Pengertian Biaya dan Perhitungannya dalam Berbisnis

Pengertian Biaya dan Perhitungannya dalam Berbisnis

Pengertian Biaya dan Perhitungannya dalam Berbisnis

Pengertian Biaya dan Perhitungannya dalam Berbisnis

Semua hal yang ada sekarang ini memang dinilai dengan uang. Berbeda dengan aman dahulu dimana uang atau alat yang memiliki nilai ini ada, maka sistem untuk mendapatkan barang adalah dengan cara barter atau pertukaran. Apa yang Anda miliki nantinya bisa ditukar dengan barang orang lain, tentunya berdasarkan persetujuan bersama. Selain dari segi uang, maka ada juga yang dinamakan sebagai biaya. Biasanya biaya digunakan untuk menilai harga kegunaan sebuah produk. Pengertian biaya ini sangat banyak, beberapa orang mengidentikkan nya sebagai nilai guna, bahkan juga ada yang menyamakan nya dengan uang.

Sebagian diantara Anda yang menjalankan bisnis tentunya sudah tidak terlalu asing dengan hal yang satu ini bukan. Menjalankan sebuah bisnis tanpa tau perhitungan biaya hanya akan mengantarkan Anda pada sebuah kerugian. Berbeda cerita jika nantinya Anda tau proses perhitungan nilai atau biaya, maka kemungkinan untuk sukses juga akan semakin tinggi. Sebut saja diantaranya saat mengolah sebuah barang mentah menjadi barang jadi.

Beberapa orang hanya tau harga bahan bakunya dan menjual dalam jumlah jadi asalkan lebih mahal dari harga sebenarnya, tanpa memperhitungkan bahwa tenaga pembuatan juga harus dimasukkan dalam nilai biaya barang tersebut. Pengertian biaya ini sangat beragam dan harus dipahami bagi pada pelaku usaha.

Pengertian Biaya dalam Menentukan Harga Jual Sebuah Produk

Agar bisnis Anda tidak bangkrut maka berikut ini ada beberapa cara dalam menentukan harga jual sebuah produk, diantaranya adalah:

  1. Ketahui harga pokoknya terlebih dahulu, sama halnya ketika Anda menjual barang-barang dengan sistem reseller online, tentunya Anda mendapatkan berapa harga pokok yang didapatkan dari harga barang tersebut. Mudah nantinya jika barang siap jadi yang akan dijual, artinya Anda hanya butuh menentukan berapa keuntungan yang diinginkan saja ditambah dengan biaya pengiriman.
  2. Menyesuaikan dengan kondisi pasar, menentukan harga juga harus tau dengan kondisi pasar saat ini. Misalnya ketika arus inflasi tengah melanda sebuah negara, harga barang mengalami peningkatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan nilai uangnya, maka secara langsung menjual juga bisa meningkatkan harga jual produk tersebut agar tidak merugi.
  3. Perhatikan harga yang dijual oleh kompetitor, salah satu kesalahan terbesar yang sering kali dilakukan oleh masyarakat adalah mengambil keuntungan seenaknya, tanpa memahami pengertian biaya dan dengan menjual jumlah yang tinggi, padahal bukan Anda saja yang menjual produk tersebut, melainkan juga kompetitor yang lainnya, sehingga sekali dua kali mungkin laku besar, namun tak akan la a bisnis tersebut akan mengalami kerugian, karena konsumen sadar ada toko lain yang menjual dengan harga lebih murah.
  4. Gunakan sistem keuntungan kecil namun laku banyak, dengan memantau kompetitor maka nantinya Anda akan tau bagaimana caranya menemukan peluang untuk sukses, bukan dengan membuat harga setinggi-tingginya, melainkan dengan merendahkan harga, asalkan dapat keuntungan meskipun kecil, namun penjualan tinggi.
  5. Menentukan harga tak hanya menghitung dari harga pokok barang saja, melainkan juga komponen-komponen yang bisa dinilai dengan uang, seperti diantaranya biaya atau tenaga pembuatan, waktu dan tak kalah penting adalah bahan baku pembuatan pendukung atau transport nya. Hal ini diupayakan agar penjual tidak mengalami kerugian.

Pengertian biaya

Bagaimana sangat mudah bukan, menentukan biaya dagang, kemudian penentuan harga dan sejenisnya itu sangat penting untuk pelaku usaha. Pengertian biaya jangan semata-mata dipahami sebagai nilai suatu benda saja. khusus untuk bisnis yang besar, bahkan biaya 5 rupiahpun bisa sangat berarti, jika dikalikan dengan ribuan barang yang diproduksi.

Dipersembahkan oleh : TipsKeuangan.net

Silakan Share info ini jika bermanfaat untuk teman-teman Anda…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==