Ngerasa Gak Kreatif? Eits, Cobain Nih Cara Jadi Kreatif Buat Keuangan dan Karir

Ngerasa Gak Kreatif? Eits, Cobain Nih Cara Jadi Kreatif Buat Keuangan dan Karir

Sadar diri jadi orang enggak kreatif. Terus mutung. Pesimistis. Mengutuki diri sendiri. Merasa jadi orang paling malang sedunia. Ada tambahan lagi?

Sudahlah. Enggak perlu risau. Jangan pesimistis duluan kalau ngerasa enggak masuk golongan orang kreatif.  Menjadi orang kreatif itu ada prosesnya. Enggak bisa instan. Mesti ada usaha dulu.

Sejatinya, be creative person tuh sederhana. Cukup berpikir out of the box alias beda sama yang kebanyakan orang. Istilah kerennya, berpikir secara anomali. Wajar sih kalau orang kreatif tuh dicap enggak waras karena pola pikirnya enggak biasa.

Okelah, sebelum jauh-jauh bahasnya, pertama-tama kenalan dulu dong apa tuh orang kreatif.

Dari segi pengertiannya, orang kreatif adalah mereka yang punya kemampuan menuntaskan masalah dengan cara unik atau baru. Hebatnya, kemampuannya itu ternyata bermanfaat bagi banyak orang.

Untungnya, kemampuan itu enggak turun dari langit, bawaan orok, keturunan, atau dikaruniai otak super. Di sinilah bukti Tuhan Maha Adil. Semua orang berpotensi jadi orang kreatif.

Jadi kalau tanya sama diri sendiri, apakah gue bisa jadi orang kreatif? Bisa banget dong. Kreatif bisa dipelajari.

Mau tahu cara jadi kreatif biar sukses di keuangan dan karir? Intip beberapa catatan ini yak.

Cara Jadi Kreatif 1
Dengan siapa kamu bergaul juga turut andil dalam membentuk pola pikir. (enjoy work/rd)

1. Good artist copy, great artist steal

Bos Apple Steve Jobs mengaku kalimat yang berasal dari ucapan Pablo Picasso itu jadi pegangannya saat mengembangkan komputer Macintosh. Terbukti, produk yang dihasilkan Steve Jobs sukses di pasaran.

Apa sebenarnya makna kalimat itu? Mencuri ternyata lebih baik ketimbang meniru. Dalam konteks ini, mencuri itu perbuatan yang dibenarkan dengan tujuan untuk up grade skill diri sendiri.

Mencuri adalah proses mengamati orang lain, memahami, dan kemudian mengembangkan dengan ciri khas sendiri.

Toh, curi-mencuri soal ini sesuatu yang lumrah kok. Tengok saja di sepakbola. Banyak yang mencuri gaya bermain Chrstiano Ronaldo, Zidane Zidane, David Becham, dan lain-lain. Lalu gaya bermain itu dikembangkan sehingga menjadi identitas diri sendiri.

2.Routine is killing your creativity

Kreatif itu selalu dekat dengan orang yang selalu melakukan hal yang baru. Sebaliknya, dia akan menjauh dengan orang yang punya aktivitas yang sama secara terus-menerus. Di situlah makna routine is killing your creativity.

Orang kreatif tak pernah bisa diam. Dia selalu bergerak dinamis, berpikir terus, dan tak kapok sama tantangan.

Mereka yang ingin meningkatkan ‘ilmu’ kreatif-nya mesti lewati keberanian melakukan hal-hal yang belum pernah atau jarak dilakukan sebelumnya.

3. Do something new

Ayo, berbuat sesuatu yang baru. Itu cukup jadi modal kreatif. Ada hasrat dan keinginantahuan yang kuat terhadap hal yang baru. Di kepala selalu muncul pertanyaan berulang-ulang tentang bagaimana dan mengapa.

Jadikanlah aktivitas melakukan sesuatu yang baru sebagai kebiasaan yang selalu ditanamkan sehari-hari. Lalu tanpa di sadari, suatu hari nanti tiba-tiba bakal punya temuan yang akan menggegerkan jagad raya.

Hilangkan rasa takut. Mulailah menerapkan prinsip ‘do something new’.

Cara Jadi Kreatif 2
Kuncinya adalah imajinasi. Gak ada yang salah kok dengan berimajinasi. (creative people/ihear-organic)

4. Watch and learn from the best!

Punya kebiasaan mengamati orang lain juga jadi langkah awal menjadi orang kreatif. Pendek kata, jangan suka cuek bebek sama di sekeliling. Kembangkan sikap kepo.

Dari situ tanpa disadari pula akan lahir ide-ide yang sejatinya berasal dari inspirasi yang dilakukan orang lain.

5. Making friends with creative people

Bergaulah dengan orang-orang kreatif. Percaya deh, kreatif itu seperti virus yang menular. Kumpul-kumpul sama orang kreatif akan membantu untuk memahami bagaimana mereka berpikir, bertindak, berkreasi, dan mengeksekusi ide.

6. Me time

Nikmati waktu me time seoptimal mungkin. Aktivitas yang padat pasti menguras pikiran dan membuat bete otak. Kejenuhan bakal berakibat buruk sama kreativitas. Jadi, aturlah waktu untuk diri sendiri.

Itu baru sebagian formulanya lho. Pasti masih banyak cara membuat diri menjadi sosok yang kreatif. Masing-masing individu punya caranya sendiri dalam mempelajari sisi kreativitasnya. Jadi tak bisa dipukul rata.

Hanya sebagai langkah awal, cobalah dengan menambah jam terbang atau pengalaman. Carilah figur idola dan kemudian modifikasikanlah sesuai dengan cara dan gaya kamu.

Lalu jangan ragu dengan ide yang muncul. Kembangkan dan segera eksekusi ide itu. Siapa tahu nun jauh di luar sana, ada orang lain yang punya ide serupa dan langsung action.

 

Aktivitas yang Bikin Anak Kreatif Tanpa Modal Gede

Kreatif Ciptakan Peluang Bisnis yang Lagi Happening

5 Pengalaman Pengusaha UKM yang Bangun Bisnis dari Nol

Dipersembahkan oleh : TipsKeuangan.net

Silakan Share info ini jika bermanfaat untuk teman-teman Anda…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==