Mengulas Dana KUR BRI 2017 dan Jenis-jenisnya

Mengulas Dana KUR BRI 2017 dan Jenis-jenisnya

Mengulas Dana KUR BRI 2017 dan Jenis-jenisnya

Mengulas Dana KUR BRI 2017 dan Jenis-jenisnya

Dalam beberapa tahun belakangan ini tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat memang kian tinggi. Salah satunya tidak terlepas dari kesadaran masyarakat yang menjalankan sebuah bisnis. Banyak yang mulai terjun untuk membuka usaha sendiri. Sejalan dengan berbagai bantuan yang diberikan oleh pemerintah sebagai bagian dari modal. Sebanding dengan hal tersebut berbagai lembaga keuangan juga mulai membuka produk-produk pinjaman khusus untuk memperoleh kebutuhan modal secara lebih mudah. Salah satunya adalah dana KUR BRI 2017.

 

Nilai yang digelontorkan untuk kebutuhan pinjaman para pelaku usaha semakin tinggi, bukan hanya untuk kegiatan usaha kelas menengah kebawah saja, melainkan juga bisnis-bisnis besar yang memiliki efek nyata pada perekonomian masyarakat Indonesia. KUR sendiri agaknya mungkin sudah tidak terlalu asing bagi Anda. Yaitu sebuah kredit untuk kebutuhan usaha, Kredit Usaha Rakyat tersebut sistemnya ada yang berbasis dari bank besar. Namun juga ada yang tidak, melainkan langsung dari pemerintah.

Dana KUR BRI 2017 ini termasuk salah satu yang paling diminati oleh debitur. Ada banyak hal yang dimaksudkan dengan pembuatan pinjaman yang satu ini, bukan hanya semata-mata guna keuntungan, melainkan juga untuk meningkatkan pengembangan wirausaha bagi masyarakat sendiri. Selama ini mungkin Anda sendiri juga sudah merasakannya, salah satu hal yang membuat enggan untuk memulai sebuah bisnis bukan hanya karena tantangan atau resikonya, melainkan lebih pada modal. Tanpa keberadaan modal akan sangat sulit memulai sebuah bisnis.

 

Lalu bagaimana caranya masyarakat atau pelaku kegiatan usaha bisa mendapatkan dana KUR BRI 2017 ini, sebenarnya syarat-syarat yang diberikan tidak terlalu banyak, namun agar lebih mudah untuk diterima, maka perhatikan beberapa hal berikut ini, yaitu:

 

  1. Usaha yang dijalankan haruslah produktif, kenyataannya tidak semua bidang usaha akan diterima oleh bank. Melainkan hanya pada beberapa jenis usaha yang sifatnya produktif, yaitu selalu berkembang dari waktu ke waktu. Diantaranya adalah usaha di bidang kuliner, kemudian juga pembuatan sebuah kerajinan, semuanya sudah masuk dalam usaha produktif.
  2. Pastikan untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan, setiap bank memiliki kriteria yang berbeda-beda dalam memberikan persetujuannya untuk mengajukan produk kredit guna kebutuhan bisnis tersebut. Untuk dana KUR BRI sendiri, maka ada beberapa jenis dokumen yang wajib untuk disertakan dalam pengajuan Anda, diantaranya adalah: menyertakan identitas, baik itu KTP, SIM atau passport, kemudian juga ada tambahan KK atau kartu keluarga, tak kalah penting adalah keberadaan surat izin usaha tersebut, sebagai bentuk bahwa Anda sudah memiliki bisnis yang dijalankan dan membutuhkan keberadaan modal.
  3. Datangi kantor cabang bank BRI, umumnya selain datang ke bank, maka ada cabang khusus yang hanya menangani masalah pengajuan KUR atau kredit usaha rakyat saja. Anda bisa datang kesana kemudian mendaftarkan diri. Prosesnya sangat mudah, yaitu dengan pengisian form pengajuan, ada petugas juga yang nantinya akan membantu Anda. Pastikan dalam pengisian tersebut, maka Anda menyebutkan sebenar-benarnya, mulai dari data diri hingga penghasilan, sehingga pengajuan bisa langsung diproses tanpa masalah.
  4. Setelah form tersebut diisi dengan benar, maka tinggal melampirkan dokumen-dokumen penting yang sudah dibawa dari rumah. Persiapan untuk dokumen ini hendaknya memang Anda lakukan dari rumah, sebelum datang ke bank, sehingga tidak perlu bolak-balik lagi, proses juga bisa dilangsungkan pada hari itu juga.
  5. Akan ada pihak dari bank yang datang ke tempat usaha, survey ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda benar-benar memiliki unit usaha yang dikerjakan. Juga dilakukan untuk melihat potensi dari bidang usaha tersebut, jika memang memenuhi kriteria maka pengajuan sudah pasti akan langsung diterima.

 

Kenyataannya juga ada satu kemungkinan terburuk, yaitu jika nantinya pengajuan KUR BRI Anda tidak diterima. Maka jangan patah semangat terlebih dahulu, beberapa hal dapat mencegah hal ini, diantaranya adalah:

 

  1. Tidak sedang menerima KUR dari bank yang lainnya, bank biasanya berlaku cermat dalam memilih nasabah, salah satunya adalah melihat apakah mereka sudah menerima kredit usaha dari lembaga keuangan yang lainnya atau tidak. Jika memang demikian, maka pengajuan sudah pasti akan ditolak. Hal ini semata-mata membuat Anda tidak terlalu berat dalam pembayaran cicilan KUR tersebut.
  2. Usaha yang dikerjakan tersebut paling tidak sudah beroperasi minimal adalah 6 bulan. Dana KUR BRI 2017 nilai yang cukup tinggi, mencapai plafon 500 juta rupiah, namun hanya diberikan pada bisnis yang sudah cukup mapan. Artinya ia memang sudah cukup lama beroperasi dan memiliki prospek yang baik, sehingga membutuhkan modal tambahan untuk membuatnya menjadi lebih luas.
  3. Usaha yang dijalankan tersebut termasuk dalam jenis bisnis yang sehat, ada beberapa kriteria usaha yang sehat, diantaranya adalah dilihat dari segi keuangannya sendiri, yaitu terus mendapatkan keuntungan, bukannya tambah merugi, akan ada pertimbangan lagi bagi bisnis yang tidak sehat ini untuk dapatkan pinjaman usaha.
  4. Agar lebih aman, maka bisa menyiapkan agunan, agunan bentuknya sangat banyak, mulai dari surat aset, produk investasi atau yang lainnya, sebenarnya tidak wajib bagi calon debitur untuk menyertakan hal yang satu ini. Namun untuk beberapa kriteria, seperti usaha yang tidak sehat, maka agunan ini mutlak dibutuhkan sebagai jaminan jika nantinya pembayaran tidak berlangsung dengan lancar.

 

Dana KUR BRI 2017 ini jenisnya berbeda-beda, menyesuaikan dengan jenis kegiatan usaha yang tengah Anda geluti, berikut ini yang harus diketahui, yaitu:

 

  1. KUR Mikro bank BRI, jenis yang satu ini dikhususkan pada unit usaha yang kelasnya kecil, yaitu sudah dijalankan minimal selama 6 bulan. Nilai pinjaman atau plafon yang bisa didapatkan disini hingga 25 juta rupiah.
  2. KUR Ritel bank BRI, KUR jenis ini hanya digunakan sebagai salah satu produk investasi, yaitu debitur menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan merencanakan sebuah proyek besar, biasanya dilakukan oleh beberapa perusahaan besar, nilai pinjamannya juga jauh lebih besar, dengan jumlah maksimal hingga 500 juta rupiah, ketentuannya juga tidak jauh berbeda dengan KUR Mikro.
  3. KUR TKI BRI, tentunya berbeda dengan jenis-jenis yang sebelumnya, jika KUR lain untuk kebutuhan modal usaha, maka ia digunakan untuk modal keberangkatan ke luar negeri, sebagai TKI. Umumnya beberapa tujuan negara keberangkatan memang cukup jauh dan membutuhkan uang transport yang besar, sehingga mau tak mau harus mengajukan pinjaman ini. Nilai pinjaman atau plafon hingga 25 juta rupiah, terbilang cukup tinggi.

 

Dana KUR BRI 2017 ini agaknya bisa menjadi pertimbangan Anda jika ingin memperluas bisnis, namun memiliki kendala dalam hal keuangan atau modal. Bank BRI siap membantu Anda dengan nilai pinjaman yang sangat tinggi tersebut. Keuntungan meminjam untuk kebutuhan usaha ini, yaitu sistemnya produktif, sehingga uang hasil bisnis bisa digunakan untuk kebutuhan pembayaran cicilan nantinya.

Dipersembahkan oleh : TipsKeuangan.net

Silakan Share info ini jika bermanfaat untuk teman-teman Anda…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==