Jenis-jenis Pinjaman Uang di Bank

Jenis-jenis Pinjaman Uang di Bank

Jenis-jenis Pinjaman Uang di Bank

Jenis-jenis Pinjaman Uang di Bank

Pinjaman uang di bank sering dijadikan salah satu solusi bagi para nasabah yang sedang membutuhkan uang tunai untuk keperluan tertentu. Terkait dengan pinjaman uang yang disediakan oleh bank, terdapat beberapa jenis pilihan yang dapat dikelompokan dalam beberapa kategori. Berikut adalah uraiannya:

Berdasarkan Jangka Waktu Pelunasan Kredit

Berdasarkan jangka waktunya, pinjaman dikelompokan menjadi 3, yaitu kredit jangka pendek, kredit jangka menengah, dan kredit jangka panjang. Kredit jangka pendek diberikan oleh pihak bank kepada peminjam dengan jangka waktu kredit kurang dari 1 tahun. Sementara itu, kredit jangka menengah diberikan kepada pihak peminjam dalam jangka waktu 1 hingga 3 tahun. Nah, untuk peminjam yang membutuhkan pinjaman dengan batas waktu pengembalian yang lebih dari 3 tahun, jenis kredit yang akan diberikan oleh bank yaitu kredit jangka panjang.

Berdasarkan Penggunaannya

Pinjaman atau kredit, berdasarkan penggunaannya, juga dibedakan menjadi 2, yaitu kredit konsumtif dan kredit komersil. Kredit konsumtif adalah jenis kredit yang diberikan dengan tujuan untuk dimanfaatkan sebagai sumber dana pembelian barang-barang konsumtif, contoh: kredit untuk pembelian mobil dan keperluan pribadi lainnya. Kredit konsumtif sendiri terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu KTA (Kredit Tanpa Agunan), kartu kredit, Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Kredit Multiguna Berjaminan, dan Kredit Kendaraan. Sedang kredit komersil adalah jenis kredit yang dapat dimanfaatkan sebagai pendanaan bisnis/ usaha yang akan atau telah dirintis. Jenis kredit ini juga terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu kredit mikro, kredit usaha kecil, kredit usaha menengah, dan kredit korporasi.

Berdasarkan Keperluan Bisnis/ Usaha

Pinjaman yang dimanfaatkan untuk keperluan suatu bisnis tidak hanya dapat digunakan sebagai modal bisnis saja, melainkan juga dapat dimanfaatkan sebagai investasi bisnis seperti inventaris bisnis, pembelian mesin-mesin atau perlengkapan bisnis, dan lain sebagainya. Kredit untuk kepentingan semacam ini dibedakan menjadi kredit modal kerja, kredit investasi (kredit investasi jangka menengah dan kredit investasi jangka panjang), dan kredit pembiayaan proyek.

Berdasarkan Sifat Penarikanya dan Sifat Pelunasannya

Pinjaman uang di bank, berdasarkan sifat penarikannya, terbagi menjadi 2 jenis, yaitu kredit langsung dan kredit tidak langsung. Kredit langsung adalah kredit yang diberikan oleh Bank Indonesia secara langsung kepada lembaga-lembaga semi pemerintah dan lembaga pemerintah. Sedang, berdasarkan sifat pelunasannya, kredit terbagi menjadi kredit yang dibayar dengan menggunakan sistem angsur dan kredit yang dibayar sesuai dengan jatuh tempo kredit.

Berdasarkan Metode Pembiayaan

Terdapat 2 jenis kredit berdasarkan pada metode pembayarannya, yaitu kredit sindikasi dan kredit bilateral. Kredit sindikasi adalah suatu kredit atau pinjaman yang diberikan oleh bank kepada 2 atau lebih lembaga keuangan guna membiayai suatu kegiatan usaha/ proyek. Sedang kredit bilateral adalah suatu kredit atau pinjaman yang diberikan oleh pihak kreditur kepada satu bank atau lembaga keuangan.

Berdasarkan Lokasi

Terdapat dua pilihan pinjaman uang di bank, berdasarkan lokasinya, yaitu kredit off-shore dan kredit on-shore. Kredit off-shore adalah jenis kredit yang dipinjamkan ke nasabah yang berada di luar negeri. Kredit berupa valuta asing dan diberikan melalui cabang bank yang ada di luar negeri. Sementara itu, kredit on-shore adalah jenis kredit yang dipinjamkan kepada nasabah yang berada di dalam negeri. Kredit yang diberikan bisa berupa valuta asing ataupun mata uang dalam negeri, sesuai dengan keinginan nasabah yang mengajukan pinjaman.

Demikian informasi singkat tentang beberapa jenis pinjaman uang di bank. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda para pembaca.

Dipersembahkan oleh : TipsKeuangan.net

Silakan Share info ini jika bermanfaat untuk teman-teman Anda…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==