Ini Hal-hal yang Sering Dianggap Sepele Saat Kuliah tapi Penting Banget Pas Kerja

Ini Hal-hal yang Sering Dianggap Sepele Saat Kuliah tapi Penting Banget Pas Kerja

Berani taruhan, hampir semua orang pernah menyepelekan suatu hal. Apalagi bila usia masih muda dan belum matang.

Contohnya saat kuliah, ada saja hal-hal yang dianggap sepele. Padahal mungkin hal itu penting pas kerja. Seperti diketahui, kuliah adalah masa persiapan sebelum masuk dunia kerja.

Kenyataannya, gak sedikit lho mahasiswa yang menyepelekan tahap ini sehingga menyesal kemudian.

Memang, tokoh sukses seperti Susi Pudjiastuti atau Bill Gates pun gak pegang ijazah sarjana. Tapi mereka punya keahlian yang memang mumpuni. Bukan berarti yang gak pernah kuliah pasti bisa sukses semua.

Beberapa hal berikut ini dianggap sepele saat kuliah tapi nyatanya penting pas kerja. Coba disimak, jangan-jangan kamu termasuk yang menyepelekan hal-hal ini.

1. Waktu

Waktu adalah uang. Ungkapan ini udah begitu terkenal, tapi ya masuk telinga kiri keluar telinga kanan. Nyatanya, banyak mahasiswa yang suka ngaret datang ke kelas.

sepele saat kuliah
Kenapa jam tangan harganya mahal? Karena “waktu” adalah hal yang berharga. Sering menyepelekan waktu ya jangan harap sukses (Jam Rolex/A Blog to Watch)

Yang lebih parah, datang telat pas ujian. Otomatis waktu untuk mengerjakan soal jadi lebih terbatas. Padahal pas kerja ketepatan waktu sangatlah penting.

Dari yang paling simpel, yaitu masuk kerja. Kalau telat, pasti tercatat oleh sistem dan bakal mempengaruhi penilaian. Bila sering telat, jangan harap karier bakal lancar atau gaji naik seperti rekan kerja lainnya.

2. Networking

Kehidupan kuliah identik dengan bikin geng. Bukan geng motor kriminal tentunya, melainkan kelompok sepermainan yang orangnya itu-itu saja.

Bersama teman satu geng, isinya cuma ha-ha hi-hi sehari-hari. Padahal networking atau menjalin jaringan yang luas amatlah penting. Dari jaringan itu bisa muncul peluang untuk menjalani karier yang baik.

Karier di bidang apa pun memerlukan networking yang baik. Daripada menghabiskan waktu di geng ha-ha hi-hi, mending ikut organisasi kampus yang pengkaderannya baik. Siapa tahu ada link dari alumnus yang bisa menawarkan pekerjaan impian.

3. Kerja sama

Ada lho orang yang menyepelekan kerja sama dalam tim saat kuliah. Ketika kerja kelompok, hanya setor nama. Jarang datang waktu diajak ketemuan, pokoknya hanya mau terima beres.

sepele saat kuliah
Kerja sama itu ya semuanya harus sama-sama kerja. Kebiasaan setor nama ya cikal bakal sering “magabut” alias makan gaji buta ketika di kantor (kuliah/Binus)

Mahasiswa tipe begini gawat pas nanti sudah kerja. Mungkin sanksi waktu kuliah hanya jadi bahan omongan teman. Ketika kerja, sanksinya bakal lebih berat, yaitu karier seret.

Dalam tim, setiap orang mesti memberikan kontribusi. Bila ada yang pasif, kerja tim dipastikan terhambat dan bahkan bisa berantakan.

4. Public speaking

Berbicara di depan orang lain itu perkara sepele, tapi bukan lantas bisa disepelekan begitu saja. Kita mesti tahu apa yang hendak kita sampaikan dan penyampaian itu mesti tepat sasaran.

Bila di kelas ogah-ogahan urun pendapat, bisa shock nanti pas kerja. Giliran diminta memberikan presentasi atau saran waktu meeting, gugup.

Latihlah kemampuan public speaking sejak dari kelas. Hakulyakin kemampuan ini bakal sangat berguna ketika sudah masuk dunia kerja.

5. Menabung

Meski dari SD sudah diajari menabung, masih saja ada yang bandel malas menyisihkan duit jajan. Bahkan malah sengaja ogah nabung karena ingin senantiasa hura-hura. ini nanti bisa kena batunya begitu udah kerja.

sepele saat kuliah
Mahasiswa memang identik sama “bokek.” Ingat baik-baik gak zaman sekarang ada lagi yang namanya “Hidup senang walaupun tak punya uang.” Ayo nabung. (nabung/pepperrr)

Pas awal kerja, pasti belum punya modal hidup saat belum terima gaji pertama. Masak, harus mengandalkan orangtua?

Begitu gaji udah masuk rutin, gak pernah bisa nabung karena gak terbiasa. Pasti susah meraih impian selanjutnya, seperti beli rumah atau bahkan nikah. Biaya pernikahan makin melonjak, lho.

Kita memang disarankan gak terlalu serius dalam menjalani hidup. Bisa stres kalau segala hal dianggap serius.

Tapi bukan berarti kita mesti menyepelekan segala hal. Apalagi ketika masih kuliah, saat godaan untuk hedon berlimpah-ruah.

Jalani tahap ini dengan sebaik-baiknya demi karier yang lebih cemerlang. Kita gak pernah bisa menebak apa yang akan terjadi setelah lulus kuliah nanti kan?

 

 

[ Jadi Mahasiswa Bukan Berarti Gak Bisa Cari Duit Sendiri. Coba 9 Pekerjaan Sampingan Ini]

[ 10 Cara Menabung Harian Rp 50-100 Ribu per Hari]

[ 4 Kebiasaan Anak yang Harus Diterapkan Sejak Dini Supaya Sukses Keuangan dan Karier]

[ 6 Hal Sepele Tapi Justru Bisa Bikin Karier Hancur]

 

Dipersembahkan oleh : TipsKeuangan.net

Silakan Share info ini jika bermanfaat untuk teman-teman Anda…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==