Cari Restoran Timur Tengah di Jakarta Buat Buka Puasa? 5 Tempat Ini Gak Bakal Bikin Rugi!

Cari Restoran Timur Tengah di Jakarta Buat Buka Puasa? 5 Tempat Ini Gak Bakal Bikin Rugi!

Buka puasa bersama tentu jadi momen yang paling ditunggu-tunggu saat Bulan Ramadan. Selain untuk mempererat tali silaturahmi, kadang momen ini juga dilakukan sebagai sarana reunian.

Soal di mana tempatnya, terkadang kamu sendiri bingung kan? Mau pilih restoran A tapi penuh terus, mau pilih restoran B kemahalan, atau mau pilih yang C tapi kejauhan.

Nah, biar momen bukbermu berkesan, kenapa gak pilih saja restoran Timur Tengah? Nuansanya sudah pasti cocok dengan Bulan Ramadan, dan makanannya juga enak-enak karena penuh dengan menu daging merah.

Ditambah lagi, biasanya restoran Timur Tengah menyediakan mushola untuk yang mau menjalankan ibadah salat Magrib sebelum makan besar. Jadi, gak perlu repot nyari tempat salat lagi, kan?

Bicara soal restoran Timur Tengah, ada harga tentu ada rasa dong. Dan ada suasana ciamik juga yang bisa kamu nikmati. Makanya, jangan asal-asalan kalau mau pilih restoran Timur Tengah sebagai tempat bukber. Salah pilih, bisa-bisa “zonk” deh. Sudah bayar mahal, makanan gak enak pula. Suasana serunya pun udah pasti gak dapet!

Nah, berikut ini lima restoran Middle East di Jakarta yang bisa kamu pertimbangkan buat acara buka puasa ala Negeri 1001 Malam bareng keluarga atau teman. Cari tahu yuk!

1. Al Nafoura

Al Nafoura adalah restoran khas Lebanon yang letaknya di hotel bintang lima Le Meridien, Jl. Jendral Sudirman, Jakarta Pusat. Soal interior restorannya, gak usah ditanya. Keren banget! Dindingnya berwarna Terracota dan dihiasi oleh aksesori-aksesori seperti lampu dan hiasan dinding khas Mediterania dan Timur Tengah.

restoran timur tengah
(Al Nafoura Le Meridien/Jakarta 100 Bars)

Salah satu yang jadi menu andalan di Al Nafoura adalah Haruf Ouzi, daging kaki domba yang dihidangkan dengan nasi dan dilengkapi dengan kacang mede serta saus dari Yogurt. Hidangan pembukanya ada sambosa (pastry), kebbeh laham (daging kambing dengan rempah), dan lainnya.

Bila kamu memilih restoran ini, maka kurang lebih biayanya adalah Rp 350 ribuan per orang. Tapi kamu bisa dapat diskon hingga 40 persen sampai 30 Juni kalau pakai kartu kredit.

2. Al Jazeerah

Restoran ini letaknya di Raden Saleh, Cikini, Jakarta Pusat. Karena letaknya di tengah-tengah kota, ya bisa dibilang cukup strategis.

Sebelum makan di sini, kamu wajib tahu kalau porsi makanan Al Jazeerah itu “besar” ya. Kalau kamu biasa makan porsi kecil, mungkin porsi makanan di sini terlalu banyak. Seperti restoran Timur Tengah pada umumnya, menu-menunya juga disajikan dengan Bahasa Arab. Tapi kalau kamu bingung, tanya saja ke pramusajinya.

restoran timur tengah
(Al Jazeerah/Qraved)

Selain porsinya besar, restoran ini bikin “nagih” lho. Nasinya gurih, rasa rempah-rempahnya juga gak bikin eneg. Pokoknya pas banget buat lidah orang Indonesia.

Soal harga masih bisa dikatakan terjangkau. Nasi Mandhi Laham (kambing) dihargai Rp 100 ribuan, sementara Nasi Mandi Dulhaj (ayam) dan Biryani Dulhaj dibanderol Rp 87 ribuan. Al Jazeerah juga punya salad seharga Rp 47 ribuan dengan topping keju dan ada buah zaitunnya lho.

Kalau bicara soal tempat, restoran ini luas banget. Kamu bisa pilih mau lesehan atau duduk di kursi. Tapi ingat kalau kadang parkirannya sering penuh. Jadi kalau bisa datang lebih awal saja.

3. Hadramout

Hadramout adalah restoran khas Yaman, jelas banget dari namanya saja Hadramout yang merupakan salah satu provinsi di negara tersebut. Lokasinya juga di tengah kota, yakni di Jl. Tambak, Manggarai, Jakarta Pusat.

Saran saja, kalau kamu memilih Hadramout, pilih tempat duduk di dekat dapur supaya bisa melihat kokinya masak.

restoran timur tengah
(Hadramout/Jakarta 100 Bars)

Hadramout menyediakan tempat makan lesehan di karpet yang masing-masing punya sekat. Interior restorannya dihiasi dengan dekorasi khas Yaman.

Lantas seperti apa menunya? Kalau kamu familiar dengan kuliner khas Timur Tengah, Yaman identik dengan Nasi Basmati dan Nasi Mandhi Kambing dengan bumbu khasnya yang kaya akan rempah. Dagingnya juga empuk, dan bahkan tersedia juga kepala kambing utuh yang bisa disantap ramai-ramai di sini.

Untuk harganya cukup terjangkau. Satu orang bisa makan kenyang dengan Rp 120 ribuan di Hadramout.

4. Abu Nawas

Restoran Abu Nawas punya dua gerai di Jakarta, yaitu di Matraman, Jakarta Timur dan di Kemang, Jakarta Selatan. Restoran ini pernah jadi tempat makan pilihan mantan Menteri Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast saat menyambangi Jakarta lho.

Abu Nawas menyajikan Nasi Briyani khas India dengan porsi cukup besar. Meski begitu, rasanya pas alias gak berlebihan dan bikin eneg. Padahal biasanya menu masakan India itu bumbu rempahnya cukup tajam.

restoran timur tengah
(Abu Nawas/Abunawasresto)

Abu Nawas menawarkan makanan khas Timur Tengah dari negara mana pun, termasuk Yaman. Salah satu menu favorit di sini juga berasal dari Yaman, yaitu Nasi Mandhi. Dan ada sambal khas Timur Tengah yang gak terlalu pedas dan agak asam. Sambal itu bisa menetralisir rasa panas usai kamu menyantap daging kambing.

Selain menu utama, tentu ada sambosa, salad, dan kudapan khas Timur Tengah lainnya. Harga satu porsi makanan untuk satu orangnya pun cukup Rp 120 ribuan kok. Gak terlalu mahal kan?

5. Warung Turki by Turkuaz

Kalau yang ini dari namanya sudah jelas kalau makanan khasnya dari Turki. Warung Turki by Turkuaz yang terletak di Kemang, Jakarta Selatan, punya interior yang cukup menarik dan penuh pernak-pernik gantung khas Turki. Pencahayaannya cenderung sedikit gelap.

Turki memang bisa dibilang sebagai negara Mediterania antara Arab dan Eropa. Bagian utaranya memiliki budaya dan aristektur khas Eropa, tapi di selatan justru kayak Arab. Nah ,suasana unik begini bisa ditemukan kalau makan di Warung Turki.

restoran timur tengah
(Warung Turki/Majalah Laras)

Kayak gimana sih makanan khas Turki itu? Pastinya ada lamb shank atau daging betis domba yang benar-benar enak. Dan untuk kudapannya, kamu harus cobain Sigara Boregi, lumpia yang isinya keju. Bayangkan tekstur kulit lumpia yang gurih dan keju yang creamy banget. Cocok buat hidangan pembuka saat bedug Maghrib tiba.

Lalu ada juga kebab khas Turki yang namanya Kuzu Adana Kebab yang jadi favorit. Aroma dombanya sangat menggugah selera. Sajian ini dihidangkan bersama dua lembar yufka (roti khas Turki) dan salad. Enak deh pokoknya.

Harganya juga cukup terjangkau. Untuk satu orang, kurang lebih menghabiskan sekitar Rp 150 ribuan. Belum lagi kamu bisa dapat diskon hingga 15 persen sampai 16 Juli 2017 kalau pakai kartu kredit. Tapi minimal transaksinya harus Rp 500 ribu ya.

Gimana guys, makin lapar pastinya ya kalau ngebahas soal makanan dan restoran pas Bulan Ramadan. Hati-hati, jangan sampai puasanya batal lho.

Pokoknya selalu ingat kalau mau pilih restoran Timur Tengah buat bukber, jangan lupa ya dengan lima restoran ini. Selamat berbuka puasa!

 

untuk jam 12

[ Cari Tempat Berbuka Puasa yang Gak Menguras Kantong. Ini Tipsnya]

[ Mau Traktir Teman Kantor? Pesan Pizza Aja di 4 Restoran Ini]

[ Makan Ribs Enak dan Hemat di Jakarta? Cobain 5 Tempat Ini]

[ Mau Makan Seafood Enak, Sehat, dan Murah? Cobain 5 Restoran Ini]

Dipersembahkan oleh : TipsKeuangan.net

Silakan Share info ini jika bermanfaat untuk teman-teman Anda…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==