Cari Pinjaman Uang di Depok, ini Tempat yang Bisa Didatangi

Cari Pinjaman Uang di Depok, ini Tempat yang Bisa Didatangi

Cari Pinjaman Uang di Depok, ini Tempat yang Bisa Didatangi

Cari Pinjaman Uang di Depok, ini Tempat yang Bisa Didatangi

Setiap manusia, baik yang tinggal di Jakarta ataupun di Depok pasti membutuhkan uang. Uang begitu krusial kehadriannya, tanpanya manusia akan kesulitan dalam membeli sandang, papan, pangan, oleh karena itu manusia bekerja untuk mendapatkan uang. Namun, terkadang antara jumlah kebutuhan dan pendapatan berbanding terbalik. Sehingga, perlu untuk meminjam uang. Ternyata, tidak hanya di kota kecil yang mebutuhkan pinjaman. Di kota besar seperti Depok, juga membutuhkan uang. Buktinya, keyword pinjaman uang Depok cukup banyak muncul. Untuk menjawab keyword Pinjaman uang Depok, maka dibuatlah artikel ini. Artikel ini akan dibahas hal-hal terkait dengan pinjaman uang. Hal ini dapat diterapkan di kota manapun, termasuk Depok.

Bank

cari pinjaman uang depok

Bank merupakan tempat menyimpan, dan mengelola uang, baik dalam bentuk simpanan, maupun dalam bentuk pinjaman. Jika akan meminjam di Bank, berikut ada beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Meminjam Uang di Bank

  1. Memiliki banyak jenis pinjaman: Bank umumnya memiliki banyak jenis pinjaman. Misalnya bunga flat dll. Tergantung apa kebutuhan dan kepentingan kita.
  2. Aman: Bank merupakan lembaga yang diatur secara undang-undang. Untuk itu, segala aturan yang ada di dalamnya harus sesuai dengan perundang-undangan. Oleh karena itu, bank dianggap cukup aman untuk meminjam uang. Selain itu, jaminan yang digunakan untuk meminjam juga akan aman dan tidak akan disalahgunakan.

Kekurangan Meminjam Uang di Bank

  1. Proses yang Rumit: Banyak syarat yang harus dipenuhi untuk meminjam uang. Mulai dari tabungan, slip gaji dll.
  2. Resiko kehilangan agunan: Sebelum meminjam di bank, umumnya kreditur akan dimintai surat agunan, misalnya sertifikat tanah, sertifikat bangunan dll. Jika terlambat membayar beberapa bulan, maka bisa saja agunan di sita.
  3. Dana yang kurang dari 100%: Biasanya bank hanya akan memberikan 70-80% dana pinjaman. Hal ini akan sulit bagi para peminjam terutama yang memulai usaha, karena meski peminjam memiliki saldo, namun bunga pinjaman harus sebesar pinjaman.

Koperasi

koperasi untuk pinjaman uang depok

Koperasi merupakan lembaga hukum yang berlandaskan asas kekeluargaan dan gotong royong. Selain itu, koperasi merupakan tempat simpan pinjam uang, yang didalamnya terdapat anggota, serta mengadakan beberapa pertemuan yang diadakan antar anggota dan pengurus. Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan jika meminjam pada koperasi.

Kelebihan Meminjam di Koperasi

  1. Pencairan dana yang mudah dan cepat: pencarian dana pinjaman pada koperasi cukup cepat.
  2. Bunga yang rendah: Bunga yang dipatok oleh koperasi juga cukup rendah.
  3. Mekanisme peminjaman yang tidak terlalu sulit: tidak seperti Bank, yang cukup rumit dalam proses peminjaman, pada koperasi proses dan syarat peminjaman lebih simpel.
  4. Tidak memakai jaminan: Jika umumnya, pada bank diminatai jaminan seperti surat tanah, dll. Maka pada koperasi proses peminjaman tidak memerlukan jaminan, karena peminjam sudah masuk menjadi keanggotaan.
  5. Syarat-syarat yang ringan: Jika pada Bank, syarat yang harus diajukan untuk meminjam uang cukup banyak, maka pada koperasi tidak terlalu banyak dan tidak terlalu rumit. Biasanya hanya administrasi standar, karena peminjam sudah menjadi anggota di dalam koperasi tersebut.

Kekurangan Meminjam Uang di Koperasi

  1. Antrian yang panjang: Jika meminjam pada koperasi simpan pinjam maka biasanya ditemukan antrian yang panjang yang mengantri untuk meminjam.
  2. Jumlah pinjaman yang terbatas: Pada beberapa koperasi ada batasan jumlah pinjaman. Sehingga jumlah pinjaman bisa tidak sesuai dengan keinginan peminjam.

Itulah tadi bahasan pada artikel mengenai tempat untuk mencari pinjaman uang di depok. Semoga bermanfaat.

Dipersembahkan oleh : TipsKeuangan.net

Silakan Share info ini jika bermanfaat untuk teman-teman Anda…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *