Benarkah Uang Tak Mampu Membeli Kebahagiaan?

Benarkah Uang Tak Mampu Membeli Kebahagiaan?

Benarkah Uang Tak Mampu Membeli Kebahagiaan?

Benarkah Uang Tak Mampu Membeli Kebahagiaan?

Banyak yang mengatakan bahwa uang tak mampu membeli kebahagiaan. Apakah betul demikian adanya? Aspek penting dari hubungan antara uang dan kebahagiaan ada pada fakta bahwa uang yang kamu hasilkan dari kerja kerasmu tak berarti apa-apa jika dibandingkan dengan seberapa besar uang yang kamu keluarkan. Sementara itu, kita sama-sama tahu bahwa uang sendiri tak dapat membeli kebahagiaan, namun pengeluaran yang strategis dapat secara signifikan menaikkan kesejahteraanmu.

Tak perlu fokus pada item besar seperti kendaraan, rumah, biaya liburan dan berbagai hal lainnya yang tak mungkin kamu capai dalam waktu dekat. Sehingga hal ini memaksamu untuk melakukan pinjaman uang ke bank. Fokuslah pada hal-hal kecil yang dapat membawa dampak besar bagi kebahagiaanmu. Memang ada? Tentu saja ada. Berikut beberapa hal yang bisa kamu beli untuk meningkatkan rasa bahagiamu secara personal!

Tools of Reflection

Refleksi di sini bukan dimaksud seperti alat refleksi otot yang umumnya kalian lihat di pusat-pusat perbelanjaan, loh. Yang dimaksud alat refleksi di sini adalah sebuah alat yang mampu membawa ketenangan batin bagimu, sehingga kamu mampu melihat segala sesuatunya dengan jernih. Tentu hasilnya akan membawa kebahagiaan secara personal untuk dirimu. Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk membuat diri sendiri sadar akan kesalahannya dan melakukan introspeksi untuk menjadi lebih tenang dan lebih baik lagi di masa depan.

Bagi mereka yang hidupnya terstruktur, menulis diary harian merupakan cara yang tepat untuk meraih kebahagiaan. Bagi sebagian orang menulis diary memang terlihat terlalu kekanak-kanakan, terlebih lagi kita telah memiliki berbagai digital diary seperti media sosial yang banyak digunakan belakangan. Namun jika kamu meluangkan 5 menit saja dari waktumu dalam sehari untuk menulis diary, hal ini bisa meringankan beban harianmu. Karena tak semua orang dapat menceritakan permasalahannya kepada orang lain. Hasilnya? Perasaan lega yang akan membuatmu bahagia. Selain itu, meditasi dan relaksasi juga bisa menjadi salah satu pilihan. Tak perlu muluk-muluk ikut kelas yang mahal. Kamu bisa mencari Apps meditasi yang dapat membantumu meringankan bebanmu.

Bunga dan Tanaman

Go green merupakan istilah yang lebih besar daripada hanya sekedar mendaur ulang barang-barang yang masih bisa digunakan kembali. Kamu dapat menyatu dengan alam tanpa perlu berlibur mendaki gunung atau pergi ke pantai. Penuhilah lingkungan rumahmu dengan berbagai tanaman dan bunga yang menyegarkan. Sebab hal ini juga mampu meningkatkan kualitas hidupmu. Seperti yang kita ketahui, tanaman dapat meningkatkan kualitas udara di sekitar yang mampu bertransformasi untuk kesehatan jangka pendek maupun jangka panjang. Bahkan penelitian menyebutkan tanaman di dalam ruangan dapat mempersingkat waktu untuk sembuh dari sebuah penyakit. Jika kesehatan meningkat, apa yang kita rasakan kalau bukan kebahagiaan?

Intip Ciri-ciri Keuangan yang Sehat, Yuk!

Tracking Devices

Pernahkah kamu merasa kehilangan barang yang kamu yakin berada di tempatnya? Hal ini sangat wajar dan seringkali dialami oleh siapapun di seluruh penjuru dunia. Setidaknya 10 menit dalam sehari kita habiskan untuk mencari barang-barang yang hilang tersebut yang artinya kita membuang-buang waktu selama lebih dari satu jam setiap minggunya. Hal tersebut juga kerapkali membawa kita pada perasaan frustasi yang tak berujung. Artinya, untuk mengurangi pengalaman serupa kamu perlu memiliki sebuah tracking device yang bisa membuatmu menjaga barang-barang yang tak bisa kamu lewatkan. Jika kamu masih kekurangan dana untuk membeli tracking devices yang sesuai dengan keinginanmu, kamu bisa melakukan pinjaman uang ke bank untuk membelinya. Namun ingat pergunakanlah uang tersebut secara bijaksana dan pastikan kamu bisa mendapatkan kebahagiaan setelahnya.

Baju Olahraga

Banyak orang yang sebetulnya berniat untuk berolahraga, namun batal hanya karena tak memiliki outfit yang pas untuk melakukan olahraga yang diinginkan. Menurut Shawn Achor pada buku The Happiness Advantage, olahraga sebetulnya sangat mudah untuk dilakukan, dan kamu harus melakukannya sekarang juga. Namun cara paling mudah untuk memastikan dirimu bisa melakukannya adalah dengan memastikan kamu berada dalam penampilan yang sangat baik saat melakukannya. Dibandingkan menggunakan t-shirt yang sudah lusuh, kamu akan merasa lebih pede ketika menggunakan outfit yang sesuai.

Berbuat Baik Kepada Orang Lain

Pernahkah kalian mendengar istilah memberi sama dengan menerima? Umat muslim menyebutnya dengan sedekah. Sedekah ini dapat dilakukan kepada siapa saja. Misal, membelikan minuman gratis kepada antrian restaurant di belakangmu atau bisa juga dilakukan dengan memberikan tarif parkir yang berlebih kepada petugas parkir.

Memang rewards dari kebaikan ini tak bisa dirasakan secara serta merta, namun setidaknya kamu telah membantu orang lain mendapatkan kebahagiaannya. Ingatlah bahwa kebahagiaan orang lain juga bisa membuat dirimu bahagia.

Dipersembahkan oleh : TipsKeuangan.net

Silakan Share info ini jika bermanfaat untuk teman-teman Anda…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==