Bank Mandiri Syariah: 8 Jenis Tabungan Yang Bisa di Buka Untuk Nasabah

Bank Mandiri Syariah: 8 Jenis Tabungan Yang Bisa di Buka Untuk Nasabah

Rekening Tabungan Bank Mandiri Syariah

Bank Mandiri Syariah juga lebih dikenal dengan BSM yang mana memberikan pelayanan perbankan seperti simpanan tabungan, deposito, maupun kredit pinjaman dengan menerapkan prinsip dasar syariat agama islam.

Setiap nasabah bebas memilih jenis tabungan yang ingin dibuka sesuai dengan kebutuhan dan caranya adalah dengan datang langsung ke kantor cabang bank mandiri syariah terdekat disertai membawa identitas diri sebagai persyaratan dokumen.

Beragam jenis tabungan simpanan memiliki syarat serta kelebihan dan kekurangan masing masing dengan fitur atau fasilitas yang diberikan.

loading…

Definisi, syarat serta ketentuan 8 jenis simpanan tabungan bank mandiri syariah

Perlu diketahui meskipun perbankan yang satu ini berbasis syariah, namun untuk bisa menjadi nasabah BSM tidak diharuskan bagi orang yang beragama islam saja.

Semua masyarakat yang menginginkan memiliki rekening tabungan ataupun ingin mengajukan kredit dapat menjadi nasabah bank mandiri syariah. Adapun 8 jenis tabungan yang dapat dilayanai adalah sebagai berikut:

#1 Tabungan BSM Umum (Reguler)

Termasuk dalam kategori tabungan harian dengan satuan mata uang rupiah dan tabungan ini menggunakan akad syariah Mudharabah Muthlaqah dan menawarkan bagi hasil yang kompetitif untuk nasabahnya.

Kemudahan transaksi bisa dilakukan melalui teller secara langsung di kantor kantor cabang BSM maupun menggunakan fasilitas ATM yang sudah banyak tersedia pada spot spot keramaian.

Calon nasabah yang ingin membuka rekening tabungan bank mandiri syariah ini cukup membawa kartu identitas berupa KTP / SIM (bagi perorangan) beserta mempersiapkan setoran awal minimal Rp 80 ribu.

Sedangkan untuk jenis rekening non-perorangan selain memerlukan dokumen KTP identitas pemilik perusahaan juga harus dilengkapi dengan kelengkapan dokumen perusahaan diantaranya Akte Pendirian, SIUP dan dokumen pendukung lainnya.

Untuk setoran awal rekening non perorangan minimal adalah Rp 1 juta. Berikut ini adalah fitur lainnya mengenai tabungan BSM umum.

  • Minimum setoran berikutnya Rp10 ribu
  • Saldo minimum atau mengendap dalam rekening Rp50 ribu
  • Biaya penututupan rekening Rp20 ribu
  • Biaya administrasi bulanan Rp7 ribu

Baca juga ulasan terkait mengenai beberapa jenis tabungan tanpa biaya admisnistrasi bulanan serta artikel lainnya tentang jumlah minimal saldo mengendap dalam rekening berbagai bank.

#2 BSM Tabungan Simpatik

Yang kedua adalah jenis tabungan syariah dengan menggunakan prinsip wadiah dan transaksi keuangannyapun cukup mudah dilakukan oleh semua nasabah.

Calon nasabah yang ingin membuka rekening tabungan ini cukup membawa kartu identitas seperti KTP / SIM , serta meyediakan setoran awal minimal sebesar  Rp20 ribu.

Dengan setoran awal 20 ribu ini nasabah tidak akan diberikan fasilitas kartu ATM. Jika nasabah menginginkan kartu ATM maka harus melakukan setoran awal minimal Rp 30 ribu.

Kemudian minimal setoran berikutnya adalah sebesar Rp 10rb dengan saldo mengendap (minimal) dalam rekening sebesar Rp 20 ribu. Ketentuan lainnya adalah sebagai berikut.

  • Biaya penutupan rekening Rp10 ribu
  • Biaya administrasi Rp2 ribu per rekening per bulan atau sebesar bonus bulanan  (tidak memotong pokok)
  • Biaya pemeliharaan kartu ATM Rp2 ribu per bulan

#3 Tabunganku Bank Syariah Mandiri

Tidak jauh berbeda dengan aneka tabungan biasa pada bank lain, hanya saja di bank mandri syariah akan dikelola secara syaria yaitu berdasarkan prinsip syariah dengan akad wadhi’ah yad dhamanah.

Persyaratan umum tetap membutuhkan dokumen identitas asli untuk calon nasabah yang ingin membuka rekening tabunganku BSM.

Setoran Awal membuka Rekening Tabunganku cukup dengan uang Rp20 ribu (tanpa ATM) jika anda ingin menggunakan ATM setoran awalny adalah Rp80 ribu.

Setoran tunai berikutnya minimal Rp10 ribu dan nasabah akan dikenakan biaya administrasi bulanan sebesar Rp2 ribu saja.

#4 BSM Tabungan Berencana

Tabungan jenis ini memiliki target pencapaian dengan jangka waktu tertentu untuk penyimpanan uang, dan disini nasabah akan memperoleh keuntungan bagi hasil dengan nisbah berjenjang.

Tabungan ini menggunakan akad mudharabah muthlaqah dan nasabah bisa menentukan jangka waktu tabungan rencana tabungan mulai dari 1 hingga 10 tahun dengan setoran bulanan minimal Rp100 ribu.

Syarat Membuka Tabungan Rencana : 

  • Kartu identitas berupa KTP/SIM/Paspor
  • Nasabah  wajib Memiliki rekening asal (source account) berbentuk Tabungan atau Giro di BSM.

Secara otomatis tabungan ini dilengkapi perlindungan asuransi gratis bagi pemegang rekening. Baca juga tentang keuntungan investasi syariah.

#5 BSM Tabungan Investa Cendekia

Tabungan yang satu ini khusus untuk para orangtua yang ingin mempersiapkan pendidikan anak anaknya dimasa depan danmenggunakan prinsip syariah mudharabah muthlaqah yang juga dilengkapi dengan perlindungan asuransi gratis.

Nasabah juga diberikan pilihan jangka waktu sesuai target masing masing, dan periode tabungan mulai dari 1 hingga 20 tahun.

Selama periode menabung ini nasabah tidak bisa menarik uang sebelum sampai pada waktu jatuh tempo. Nasabah bisa melakukan setoran bulanan minimal Rp100 ribu sampai dengan Rp10 juta dengan kelipatan Rp50 ribu.

BSM akan memberikan bagi hasil yang sangat kompetitif dan yang perlu dperhatikan adalah mengenai jumlah setoran bulanan dan periode tabungan tidak dapat diubah namun dapat dilakukan setoran tambahan diluar setoran bulanan.

Persyaratan membuka rekening ini adalah nasabah harus ssuddah memiliki tabungan BSM sebagai rekening sumber.

#6 BSM Tabungan Dollar

Melalui tabungan dengan mata uang dollar ini nasabah bisa melalukan setoran dan penarikan setiap saat atau sesuai ketentuan BSM dan transaksinya bisa berupa nilai rupiah.

Tabungan ini menggunakan prinsip syariah dengan akad wadi’ah yad dhamanah.

Calon nasabah yang ingin membuka rekening tabungan ini harus melakukan setoran awal minimum  USD100 dan Saldo minimum USD100.

Biaya administrasi rutin yang akan dikenakan kepada nasabah adalah sebesar $0.5 setara (Rp5000) yang secara otomatis memotong saldo utama.

Persyaratan membuka rekening tabungan dollar tidak jauh berbeda dengan tabungan lainnya yaitu data identitas diri berupa KTP atau SIM dan biaya penutupan rekening sebesar $5.

#7 BSM Tabungan Pensiun

Bank mandiri syariah telah bekerja sama dengan PT. Taspen untuk memberikan fasilitas tabungan bagi anda (pekerja PNS) yang ingin menyiapkan masa tua ketika sudah tidak lagi bekerja, yaitu melalui tabungan khusus Tabungan Pensiun.

Tabungan ini menggunakan prinsip akad Mudharabah Mutlaqah dan nasabah bisa melakukan transaksi menarik saldo tabungan kapanpun ketika dibutuhkan sesuai dengan kesepakatan.

Persyaratan yang ditentukan oleh BSM bagi calon nasabah yang ingin yang  membuka rekening tabungan pensiun diataranya adalah:

  • Pensiunan dan calon pensiunan Pegawai Negeri Sipil, Pejabat Negara, Hakim, TNI, Polri.
  • Penerima tunjangan yang dibayarkan oleh PT Taspen, yaitu: Veteran PKRI dan KNIP.
  • Fotokopi KTP/SIM

Jangan lupa simak juga tentang jenis pinjaman yang dilayani oleh bank mandiri syariah serta ulasan mengenai perbedaan antara bank umum dengan bank syariah.

#8 BSM Tabungan Kurban

Tabungan ini untuk membantu nasabah mempersiapkan dana agar dapat mewujudkan kegiatan ibadahnya yaitu menyembelih hewan kurban maupun persiapan aqiqah anak.

Untuk dapat membuka rekening tabungan ini calon nasabah harus melakukan setoran awal minimal Rp 50 ribu dan selanjutnya melakukan setoran rutin minimal Rp 25 ribu.

Dana didalam tabungan ini dapat dicairkan ketika akan melakukn ibadah kurban maupun aqiqah dengan ketentuan saldo minimum yang ada didalam rekening sejumlah Rp 50 ribu.

Demikian tadi ulasan mengenai beberapa jenis rekening tabungan yang dapat dilayani oleh bank mandiri syariah untuk membantu anda mengelola keuangan sehingga dapat menecapai kondisi finansial yang mapan.

Dipersembahkan oleh : TipsKeuangan.net

Silakan Share info ini jika bermanfaat untuk teman-teman Anda…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *