Asisten Rumah Tangga Pulang Kampung? Ini Triknya Biar Gak Repot dan Pengeluaran Terjaga

Asisten Rumah Tangga Pulang Kampung? Ini Triknya Biar Gak Repot dan Pengeluaran Terjaga

Hari Raya Idul Fitri atau yang biasa kita sebut Lebaran semakin dekat nih. Mungkin para ibu rumah tangga dan khususnya ibu bekerja mulai deg-deg duar.

Oh bukan, bukan karena mau dapet THR, tapi karena asisten rumah tangga (ART) sebentar lagi bakal pamit pulang ke kampung halaman masing-masing.

Nah, inilah saat-saat di mana banyak keluarga di kota besar kayak Jakarta bakal bingung dan galau. Sang ART yang biasa melakukan semua pekerjaan rumah setiap hari, bakal hilang buat sementara waktu. Siap-siap deh mesti melakukan semuanya sendiri. Sanggup gak tuh?

Sudah pasti bakal kalang kabut ya karena terbiasa diladeni si mbak. Tapi jangan manja juga dan malah nambah beban pengeluaran dengan menggunakan jasa pembersih rumah atau laundry tiap hari. Coba ajak seisi rumah buat saling bahu-membahu selama si mbak atau mas pulang kampung deh!

Apa saja yang bisa dilakukan anggota keluarga ketika ART mudik supaya hidup tenang tapi kantong tetap aman? Ini dia jawabannya:

1. Bagi tugas sesama anggota keluarga

Mulai kumpulkan semua anggota keluarga dan kasih pengertian bahwa semua orang yang tinggal di rumah harus melakukan pekerjaan rumah. Catat hal-hal rutin pekerjaan rumah yang biasa dilakukan ART lalu delegasikan ke masing-masing.

asisten rumah tangga pulang kampung
Ayo semua harus bagi tugas ya, jangan malas! (Keluarga / ruparupa)

Jangan berikan tugas yang terlalu berat buat anak-anak ya. Semisal, anak-anak yang masih SD bisa diajari menata tempat tidur dan meja belajar di kamar tidur mereka. Suami bisa diberikan tugas yang membutuhkan tenaga lebih, seperti menyapu dan mengepel. Sementara ibu berbelanja, memasak, dan mengurus cucian baju.

Semua pasti akan terasa lebih ringan saat dikerjakan bersama-sama.

2. Wajib menjaga kebersihan rumah

Kalau dulu biasanya gak peduli sama kebersihan rumah pas ada si mbak, sekarang coba lebih tertata deh! Jangan sembarangan meletakkan barang-barang secara sembarangan atau meninggalkan bekas-bekas makanan.

Mulai dengan buang sampah di tempatnya, bersihkan kembali meja makan setelah makan, beresin tempat tidur sendiri, dan lainnya. Dengan begitu, rumah jadi gak mudah kotor karena setiap anggota keluarga sadar diri menjaga kebersihan. Saat rumah bersih kan jadi nyaman dan betah.

3. Irit baju bersih

Usahakan deh buat gak keseringan gonta-ganti pakaian. Maksudnya supaya gak bikin tumpukan cucian baju dan setrikaan jadi menggunung.

Eits, nanti dulu. Bukan berarti baju gak ganti-ganti sampai seminggu ya. Nanti malah mengundang penyakit kulit lho kalau jorok begitu!

asisten rumah tangga pulang kampung
Kebersihan baju harus diperhatikan kalau gak mau panuan hiiiy! (Jemur baju / whateverbackpacker)

Ngirit pemakaian baju bersih di sini maksudnya lebih diatur aja, ganti baju bersih seperlunya. Kalau emang seharian di rumah, pasti baju juga gak kotor-kotor amat kan. Jadi ga perlu ke laundry dan keluar duit lagi.

4. Kurangi intensitas membersihkan rumah

Biar gak terlalu capek, apalagi setelah bekerja seharian, kurangi deh intensitas membersihkan rumah. Ini bukan ngajarin malas ya. Tapi karena kurang tenaga di rumah, kamu bisa kurangi intensitas menyapu dan mengepel.

Misalnya tadinya lantai disapu dan dipel dua kali dalam sehari. Sekarang karena gak ada pembantu, sehari sekali saja. Tapi tegaskan ke tiap anggota keluarga untuk komit menjaga kebersihan ya. Misalnya makan gak berantakan, sampah gak berserakan, jadi lantai pun gak gampang kotor. Hemat-hemat energi buat aktivitas lain ya!

5. Masak makanan yang praktis

Mentang-mentang sibuk dan jadi banyak kerjaan gara-gara ditinggal ART mudik, bukan berarti makan sembarangan atau delivery dari restoran terus. Pilih menu-menu sehat yang praktis dan gak ribet.

Sesekali coba ikutin jejak si mbak belanja ke pasar tradisional biar dapat harga bahan-bahan makanan yang lebih murah namun kualitas kesegarannya gak kalah dengan pasar modern.

Ya tapi kalau sedang kepepet gak apa-apa kok delivery makanan atau makan di luar. Tapi ingat, jangan setiap hari dilakukan, dan tentukan bujet biar gak tiba-tiba ludes itu isi rekening.

asisten rumah tangga pulang kampung
Makan masakan rumah emang paling oke deh! (Makan bersama / detik)

Jadi, intinya gak boleh terlalu mengandalkan asisten rumah tangga ya. Mereka memang dibayar untuk melakukan pekerjaan rumah, tapi saat mereka mudik ya kita harus siap. Banyak kok manfaat mengurus kebersihan rumah secara mandiri.

Selain badan jadi lebih sehat karena banyak bergerak, kantong juga aman karena gak harus sewa infal atau jasa kebersihan lainnya. Membersihkan rumah bersama juga cara yang baik untuk mengajarkan kemandirian buat anak dan membuat hubungan anggota keluarga jadi makin intim.

 

 

[ Mengisi Rumah dengan Perabotan Gak Harus Mahal Ini Triknya]

[ 10 Langkah Mendidik Anak Agar Mandiri dan Punya Semangat Usaha]

[ Simak Deh 22 Cara Menghemat Uang Belanja Keluarga yang Bisa Kita Coba]

Dipersembahkan oleh : TipsKeuangan.net

Silakan Share info ini jika bermanfaat untuk teman-teman Anda…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==