6 Kebiasaan Menyepelekan Keuangan Ini Bakal Menimbunmu Dalam Tumpukan Utang

6 Kebiasaan Menyepelekan Keuangan Ini Bakal Menimbunmu Dalam Tumpukan Utang

Semua orang sepertinya gak pengin punya yang namanya utang. Tapi keadaan kadang memaksa kita untuk berutang.

 

Dalam kondisi tertentu, berutang memang gak masalah. Asalkan pengelolaan dan kemampuan bayar kita memadai.

 

Yang jadi masalah adalah, berutang menjadi kebiasaan karena dorongan impulsif dan tuntutan gaya hidup. Walhasil gali lubang tutup lubang pun jadi jalan keluar.

 

Gak kebayang kan, gaji sebulan habis cuma buat bayar utang? Lantas buat survive selama sebulan harus meminjam uang lagi. Huft, capek gak sih!

 

Daripada berlarut dalam utang, yuk lebih baik hilangkan kebiasaan menyepelekan keuangan ini. Mulai dari mengubah mindset kita dulu deh.

 

[ 5 Hal yang Kamu Remehkan Tapi Bakal Berpengaruh Banget Sama Pengelolaan Keuangan Pribadi]

 

1. Hilangkan Mindset ‘Uang Bisa Dicari, Masih Ada Hari Esok’

Kebiasaan keuangan berawal dari mindset. Kalau mindset sudah salah, ya semua bakal berabe. Pola pikir yang menjangkiti kebanyakan masyarakat adalah ‘hidup buat hari ini saja, toh uang bisa dicari lagi besok.’ Hidup yang mengalir kayak gini alias gak pasang target cuma bakal bikin hidup terombang-ambing kayak perahu di lautan lepas, cuma mengikuti kemana angin dan ombak membawanya.

 

2. Hindari Minimum Payment, Lunasi Kartu Kreditmu

Bank sih gak masalah kamu mau bayar minimum buat tagihan kartu kreditmu, tapi kebiasaan ini jelas bakal melukai keuanganmu. Membayar minimum tapi tetap memakai kartu kreditmu untuk bertransaksi sama saja kayak mencoba mengeringkan air laut. Mustahil bakal lunas kalau kayak gitu sih.

 

kebiasaan menyepelekan keuangan

Punya kartu kredit segini banyak tapi gaji ngepas, apa gak pusing sob?

 

 

Kalau kartu kredit sudah overlimit, stop pemakaian dulu. Lantas hindari pembayaran minimum. Paling gak bayar separuh dari tagihan dulu. Kalau masih gak mampu juga, coba konsultasikan dengan pihak bank, apakah ada cara untuk mengubah tagihan menjadi cicilan tetap.

 

3. Bayar Semua Cicilan Tepat Waktu

Cicilan lain seperti KTA, kredit kendaraan bermotor sampai tagihan kayak kontrakan, listrik dan air itu wajib kamu prioritaskan. Jangan sampai menunggak sampai berbulan-bulan. Hal ini bukan jalan keluar yang dianjurkan.

 

Begitu terima gaji, langsung deh sisihkan sekian persen untuk membayar semua tagihan di atas. Sisanya adalah uang untuk hidupmu sehari-hari, tabungan atau kebutuhan lain.

 

[ Gali Lubang Tutup Lubang Jangan Mau Tercekik, Ini Jalan Keluar dari Utang]

 

4. Berutang Saat Memiliki Cicilan Lain

Cicilan lain masih berjalan, eh tergiur sama pinjaman KTA gara-gara temen kantor ada yang baru cair. Kalau cuma mengajukan KTA buat memenuhi hasratmu, itu gak bakal ada manfaatnya.

 

kebiasaan menyepelekan keuangan

Seandainya gali lubang tutup lubang bisa pakai sekop doang, utang bakal cepet beres 

 

 

Oke, KTA memang bisa digunakan untuk beragam kebutuhan. Bahkan bisa saja untuk menutup utang-utang lain. Tapi dengan satu catatan, bunga KTA dan cicilannya gak membebani pendapatanmu. Satu hal lagi, begitu KTA cair, jangan gunakan untuk keperluan lain. Fokus dulu sama utang-utangmu.

 

5. Terdorong Nafsu

Nafsu manusia memang gak ada habisnya. Kalau cuma buat memenuhi nafsu, seluruh uang di dunia ini gak bakal cukup untuk memenuhinya. Dorongan impulsif memang susah dikendalikan. Tapi mau gak mau ya harus dikendalikan kalau gak mau jebol tuh dompet.

 

6. Merasa Gaji Sudah Gede

Saat gajimu masih Rp 5 juta kamu bakal berpikir “Ah, suatu hari saya pasti naik gaji kok.” Kemudian ketika gaji naik jadi Rp 7 juta, gaya hidup pun ikutan naik. Berpikir bahwa gaji sudah besar cuma bakal membuatmu menyepelekan apa arti uang. Akhirnya dengan mudah kamu bakal menghambur-hamburkan deh hasil jerih payahmu selama sebulan karena merasa gaji sudah lebih dari cukup.

 

kebiasaan menyepelekan keuangan

Besar kecilnya gaji itu relatif, dan gak selamanya gaji gede itu enak. Yang penting proporsional

 

 

Nyaman atau gaknya hidup memang tergantung dari kebiasaan keuanganmu. Gaji besar atau gak sih nomor sekian lah ya. Yang terpenting ya di pengelolaan kas.

 

[ 8 Tips Biar Tabungan Bisa Nambah Sekian Ratus Ribu Rupiah Tiap Bulan]

 

 

 

Image credit:

  • http://www.tariktunai.info/wp-content/uploads/2017/08/creditcards.jpg
  • http://david-pranata.com/wp-content/uploads/2017/10/shovel.jpg
  • http://cdn.klimg.com/vemale.com/headline/650×325/2017/01/5-pekerjaan-dengan-gaji-besar-berminat.jpg

Dipersembahkan oleh : TipsKeuangan.net

Silakan Share info ini jika bermanfaat untuk teman-teman Anda…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==