4 Ide Bisnis Sampingan Karyawan Berdasarkan Hobi

4 Ide Bisnis Sampingan Karyawan Berdasarkan Hobi

4 Ide Bisnis Sampingan Karyawan Berdasarkan Hobi

4 Ide Bisnis Sampingan Karyawan Berdasarkan Hobi

Banyak orang yang mengidamkan akan bekerja di perusahaan setelha lulus kerja nanti. Mendapatkan gaji di tiap bulannya, melakukan pekerjaan yang nyaman, serta dengan penggunaan seragam bisa menambah derajat hidup seseorang. Namun ketika telah menekuni bidang pekerjaan tersebut, ada kalanya kita merasa kurang, termasuk dalam hal keuangan. Di sinilah peran bisnis sampingan karyawan sangat diperlukan.

Bisnis sampingan untuk seorang karyawan sangatlah diperlukan. Dari segi nilai mungkin bisa saja lebih kecil atau lebih besar dibanding gaji bulanan. Akan tetapi, yang pasti bisnis sampingan tersebut bisa sangat membantu keuangan bulanan.

Namun harus menjalani bisnis sampingan seperti apakah yang bisa memberikan hasil yang memuaskan? Ada cukup banyak, di antaranya seperti ini:

Hobi Memasak? Kenapa Tidak Memasarkan Hasil Masakannya!

hobi masakJika kita memiliki keahlian memasak, bidang tersebut bisa dijadikan sumber pemasukan tambahan yang menggiurkan. Hobi memasak bisa melahirkan masakan-masakan yang enak dan bisa membantu banyak orang. Keahlian tersebut tentunya akan sangat dibutuhkan, terlebih jika masakannya memang sesuai selera banyak orang.

Sebagai bisnis sampingan, masakan ini bisa dijadikan kepada beberapa jenis, seperti membuat menu sarapan yang simple dan sehat, menu makan siang yang bervariasi, cemilan yang renyah, minuman segar yang melepaskan dahaga, dan masih banyak lagi.

Kita juga bisa memasarkannya di jaringan yang kecil dulu seperti di kantor. Untuk pemasarannya sendiri, jaringan online tentu saja menjadi salah satu syarat dalam bisnis ini. Selain mudah dilakukan, juga cakupannya amat luas.

Manfaatkan Kendaraan untuk Menekuni Bidang Jasa Antar

sopir onlineAda banyak bisnis sampingan karyawan yang bisa dilakukan, termasuk dengan mengandalkan kendaraan yang kita miliki. Tidak perlu mewah, cukup dengan motor saja maka kita bisa melakukan bisnis sampingan tersebut. Bisnis itu adalah bisnis dalam bidang jasa antar.

Kita mungkin bisa mencontoh layanan aplikasi Gojek atau Uber yang bisa mengantarkan orang atau pun barang. Selain itu, kita juga bisa mencontoh aplikasi Happy Fresh yang menyediakan layanan jasa beli sayuran yang segar. Di luar itu, ada juga jasa ekspedisi seperti JNE. Semua itu bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan keuangan tambahan.

Waktu pelayanannya? Kita bisa manfaatkan waktu pulang kerja misalnya 3-4 jam saja. Di luar itu, waktu akhir pekan pun bisa dimanfaatkan karena itu akan cukup leluasa pastinya.

Hobi Memotret? Jual Saja Hasil Potretnya Secara Online

photographerTidak sedikit karyawan yang menggemari fotografi. Bahkan hanya bermodalkan kamera ponsel, foto dengan kualitas yang bagus pun bisa dibuat. Nah jika koleksi foto tersebut hanya disimpan saja, kenapa kita tidak mencoba untuk menjualnya? Jika ingin melakukannya, kita bisa menjualnya di situs online.

Di internet ada begitu banyak layanan situs yang bisa menerima jual foto koleksi kita. Mereka pun akan membayarnya dengan hitungan dollar. Cara penjualannya pun cukup mudah, kita hanya tinggal meng-upload koleksi foto kita dengan masuk ke beberapa situs. Setelah itu, fee pun akan kita dapat jika ada member situs tersebut yang mengunduh foto kita. Makin banyak yang mengunduhnya maka makin banyak juga fee yang bisa kita dapatkan.

Ada beberapa situs jual foto di internet yang dijadikan rekomendasi, seperti 123rf, ShutterStock, iStockphoto, Fotolia, Alamy, BigStockPhoto, dan masih banyak lagi.

Rajin Menulis maka Dapatkan Fee dari Internet

menjadi penulisNah di bisnis sampingan yang terakhir adalah tentang dunia penulisan. Dunia tulis menulis pun hubungannya dengan hobi dan ini pun banyak digemari oleh beberapa karyawan. Hasil tulisan kita nantinya bisa dijual ke banyak pihak, salah satunya dengan mengandalkan internet. Masuk saja ke komunitas penulis di Google atau Facebook, dan carilah info seputar penulisan.

Selain itu, kita juga bisa mencarinya dengan masuk ke situs-situs yang membutuhkan artikel online. Selain itu, menulis beberapa kalimat yang panjang sehingga membentuk E-book yang bisa kita jual pun menjadi salah satu cara.

Nah itulah beberapa ide bisnis sampingan karyawan yang didasari dengan hobi. Cek hobi kita, lalu jual!

Dipersembahkan oleh : TipsKeuangan.net

Silakan Share info ini jika bermanfaat untuk teman-teman Anda…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *