4 Hal Negatif Ini Malah Bisa Bikin Tabunganmu Bertambah

4 Hal Negatif Ini Malah Bisa Bikin Tabunganmu Bertambah

Dadang terpana melihat teman sekantornya, Udin pasang ekspresi merana di sudut kantin gedung perkantoran.

“Din, kenapa kamu? Sakit perut apa sakit hati? Atau banyak utang ya?” Dadang memberondong Udin dengan banyak pertanyaan.

Yang ditanya cuma menggeleng, mengangguk, lalu meggeleng lagi.

“Aku gak sakit perut. Si Diana baru aja mutusin aku. Dan Alhamdulillah aku gak punya utang Dang,” Udin menjawab lengkap pertanyaan Dadang.

Putus cinta emang rasanya sakit ya bro. Tapi dunia harus berjalan terus dong! Masa sih mau terus berkubang dalam kegalauan? Masih banyak hal seru dan positif yang bisa diraih loh di luar sana.

Tahu gak sih, terkadang di balik hal-hal ngenes, kayak putus cinta gitu, selalu ada hikmah yang bisa diambil? Salah satunya kita jadi bisa nabung. Gak percaya? Simak nih beberapa hal negatif yang justru malah bisa bikin kamu jadi nabung.

1. Putus sama pacar

bikin tabunganmu bertambah
Hancur hatiku hiks, ayoo jangan galau 7 hari 7 malam hehehe (Putus Cinta / liputan6)

Sayang sama seseorang lalu diputusin pasti sering berasa kayak akhir dunia ya buat sebagian besar orang. Wajar sih, yang biasanya ke mana-mana berdua, saling berbagi pasti ada rasa kehilangan.

Tapi, putus sama pacar itu menyimpan dampak yang positif juga loh. Terutama buat kondisi kantong.

Saat kamu sudah putus dari pacar, otomatis kamu gak perlu menyisihkan bujet lebih untuk pacaran, mulai dari nonton, makan, sampai wisata ke tempat tertentu.

Nah, gimana kalau bujet yang biasanya buat pacaran dimasukkin ke tabungan saja. Saldo jadi makin gendut dan uang kamu gak raib sia-sia. Ini juga bisa dijadikan penyemangat diri bahwa ketika ditinggal pergi mantan, hidup kamu malah bisa jadi lebih baik.

2. Mau beli barang incaran tapi udah sold out

Sering dong pengin beli sesuatu yang harganya lumayan bahkan terkadang harus hemat jajan berbulan-bulan biar bisa beli? Mulai dari laptop terkini, kamera DSLR terbaru, hingga motor incaran.

Tapi terkadang realita gak seindah impian dan angan-angan ya. Sudah susah payah menyisihkan sekian persen dari gaji setiap bulan demi barang incaran, eh pas duit terkumpul, barangnya malah sudah sold out.

bikin tabunganmu bertambah
Udah makan mie instan sebulan eh barang incaran udah sold out, jleb! (Sold Sign / upscaleelkgroveliving)

Yang paling nyesek kalau barangnya limited edition dan belum tentu diproduksi lagi.

Daripada sedih berkepanjangan sampai ngabisin tissue, gimana kalau duit yang gak jadi dipakai buat beli barang incaran itu ditabung aja?

Selain aman dari hasrat membeli yang sebenarnya gak dibutuhkan, saldo jadi nambah kan. Nanti gak tahu ke depannya tabungan kamu itu bisa bermanfaat banget buat kebutuhan mendesak. Atau ya anggap saja nabung buat persiapan nikah.

3. Batal liburan karena cuti ditolak

Jenuh dong kerja terus, pasti sesekali butuh piknik atau liburan. Kalau nunggu weekend biasanya kurang nikmat ya, karena hampir semua tempat penuh pengunjung. Paling enak tuh ambil jatah cuti dari kantor khusus buat liburan.

Tapi masalahnya, terkadang ambil cuti yang notabene hak karyawan juga gak mudah. Cuti yang kita ajukan ke HRD belum tentu disetujui loh. Bisa jadi karena perusahaan lagi banyak deadline atau proyek atau ada kebijakan lain.

Gak usah ngambek atau galau lebay saat cuti gak disetujui. Budget liburan yang sudah disiapkan bisa ditabung saja dulu kan. Sambil mempersiapkan lagi liburan yang lebih lama misalnya. Nah, coba cari waktu yang pas buat ajuin cuti. Pas dapat cuti nantinya, saldo kamu sudah aman buat liburan sampai ke luar negeri.

4. Kehabisan tiket konser

Nonton konser musik dari penyanyi atau grup band kesayangan sudah jadi bagian dari gaya hidup anak muda zaman sekarang. Mau berapapun harga tiketnya bakal dibela-belain deh tuh yang penting bisa lihat penampilan penyanyi kesayangan secara langsung.

bikin tabunganmu bertambah
Sakit ya, udah antri sepanjang ini dan tiket habis. Ambil hikmahnya aja, uang utuh dan tabungan nambah (Antri Panjang / idfl)

Emang sih pengalaman nonton konser kalau dibandingkan nonton siaran tundanya di televisi beda jauh. Lebih puas dan berkesan kalau nonton langsung. Sensasinya bakal gak terlupakan. Tapi, saat apes dan gak kebagian tiket konser jangan lantas nangis bombay dong.

Anggap saja kamu belum beruntung atau emang belum diizinkan buat nonton konser penyanyi kesayangan secara langsung. Gak usah lama-lama kecewa, paling gak uang yang tadinya buat beli tiket jadi bisa ditabung dulu kan.

Mungkin masih banyak hal-hal yang terasa “ngenes” buat kita dan bikin bete ya. Dari keempat contoh hal ngenes di atas, paling gak kita belajar buat mengambil sisi positif dari setiap kejadian. Salah satunya adalah dengan mengalokasikan uang kita untuk ditabung.

Menabung itu gak akan ada ruginya kok. Kita gak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Saat keadaan darurat dan butuh uang, tabungan bisa jadi penyelamat loh!

Jadi, jangan terlalu lama bersedih hati ya saat dihadapkan dengan empat hal di atas. Uangnya ditabung aja!

 

 

[ Nabung Buat Traveling atau Nyicil Rumah]

[ Ubah Gaya Belanja Jadi Begini di 2017 Biar Nabung Gak Cuma Wacana]

[ Cara Nabung Saat Usia Masih Kepala 2]

Dipersembahkan oleh : TipsKeuangan.net

Silakan Share info ini jika bermanfaat untuk teman-teman Anda…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==